Pagi Ini, Presiden Jokowi Buka Gerakan Kewirausahaan Nasional

0
91

BERITA JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (12/3/2015) pagi ini dijadwalkan akan membuka  Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) 2015 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. GKN  diharapkan mampu meningkatkan partisipasi berbagai pihak untuk memasyarakatkan budaya berwirausaha di kalangan masyarakat.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Koperasi dan UKM Prakoso Budi Susetyo di Jakarta, Rabu, mengatakan puncak acara GKN akan digelar dengan melibatkan mitra perbankan yakni PT Bank Mandiri, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan lembaga lain sebagai upaya untuk mencetak kader wirausahawan unggul yang mandiri dan tangguh.

Prakoso menambahkan untuk teknis pelaksanaannya pihaknya juga  melibatkan perguruan tinggi, Palang Merah Indonesia (PMI), PT BNI, PT IBM, PT Microsoft Indonesia, dan PT Intel melalui dana CSR/PKBL perusahaan itu masing-masing.

“Sinergi seperti ini ke depan akan terus dikembangkan sebagai bentuk perwujudan bahwa mencerdaskan masyarakat bukan hanya tugas pemerintah atau dibiayai negara, melainkan juga menjadi tanggung jawab semua pihak, termasuk BUMN, swasta, dan masyarakat,” kata Prakoso.

Ke depan pemerintah berencana untuk fokus melaksanakan pendampingan bagi wirausaha yang telah memulai usahanya agar kemudian mampu naik kelas ke skala usaha yang lebih tinggi.

Prakoso mengatakan sejak program pelatihan kewirausahaan di kementeriannya diterapkan maka sudah berhasil dilahirkan wirausaha-wirausaha baru di antaranya pada 2012 sebanyak 189 wirausaha pemula, kemudian pada 2013 sebanyak 3.860 wirausaha. Lalu pada 2014 ada 4.326 wirausaha pemula.

“Ke depan kami akan fokus untuk melakukan program pendampingan agar wirausaha-wirausaha itu termasuk usaha-usaha mikro bisa naik kelas ke skala usaha yang lebih tinggi,” kata Prakoso.(Kementerian KUKM/ES)