Tingkatkan Kesadaran Pajak, KPP Pratama Kisaran Lakukan Ekstensifikasi dan Intensifikasi

0
67
Sonny Zulijanto

BERITA ASAHAN – Dalam meningkatkan kesadaran membayar pajak, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kisaran melakukan Ekstensifikasi dan Intensifikasi data perpajakan kepada masyarakat dan pengusaha wajib pajak, Kamis (12/3) sore kemaren.

Kepada Beritaekspres.com, Kepala KPP Pratama Kisaran, Sonny Zulijanto mengatakan, esktensifikasi merupakan kegiatan menjaring wajib pajak baru, atau mendata wajib pajak yang belum memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Hal ini bertujuan untuk melakukan pemutakhiran data, pengawasan dan pembinaan wajib pajak khususnya yang mengalami perubahan, baik jenis usaha maupun perubahan omset.

“Ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh KPP Pratama melalui kegiatan Ekstensifikasi dan kunjungan (Visit) ke lokasi wajib pajak. Namun kegiatan ini, sedikit menjadi berbeda karena dilakukan secara serentak diseluruh KPP Pratama dilingkungan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Utara II,” ujar Sonny dicela kegiatan, Kamis (12/3) sore.

Dijelaskannya, pada tahun 2015 ini, target penerimaan pajak secara nasional  mengalami peningkatan dari target tahun 2014 lalu.  Target tersebut telah dibagikan ke masing-masing KPP diseluruh Indonesia dimana KPP Pratama Kisaran mendapat target tahun 2015 sebesar Rp1 Trilyun lebih. Target tersebut meningkat sekitar Rp271 miliar atau sekitar 37 % dari target tahun 2014 sebesar Rp750 miliar.

“Maka agar target tersebut dapat tercapai, kita harus melakukan berbagai upaya dua kali lipat dibanding dengan upaya yang kita lakukan pada tahun 2014 yang lalu,” terangnya.

Sony juga berharap dan berpesan,  dalam  menghadapi wajib pajak harus santun dan menjaga etika komunikasi, dengan memberikan penjelasan secara menyeluruh sehingga mereka paham hak dan kewajibannya sebagai wajib pajak.

“Dengan demikian kita berharap rasa simpati wajib pajak akan menggerakkan hati mereka untuk membayar pajak sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku,” kata Sonny lagi.

Ditambahkannya, mengingat saat ini masa penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan (SPT Tahunan PPh) tahun pajak 2014, petugas juga memberikan brosur berisi surat himbauan penyampaian SPT Tahunan PPh Tahun pajak  2014.

“Dalam surat himbauan tersebut tertera batas waktu penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Tahun Pajak 2014 adalah tanggal 31 Maret 2015. Sedangkan batas waktu penyampaian SPT Tahunan PPh Badan pada 30 April 2015. Selain itu terhadap wajib pajak yang tidak menyampaikan SPT Tahunan akan dikenakan sanksi administrasi berupa denda,” ungkap Sonny.

Sementara Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi (Waskon) R Sahat Lingga mendampingi petugas penyisiran dilokasi kegiatan menambahkan, kegiatan Ekstensifikasi dan Intensifikasi akan dilakukan secara rutin di seluruh wilayah KPP Pratama Kisaran meliputi Kabupaten Asahan, Batu Bara dan Kota  Tanjung Balai .

Saat ini Direktorat Jenderal Pajak sesuai dengan perkembangan informasi dan teknologi, memberikan kemudahan kepada  wajib pajak dalam memenuhi kewajibaannya dengan menggunakan teknologi online, baik dalam menyampaiakan SPT Masa maupun dalam menyampaiakan SPT Tahunan .

“Dengan adanya kegiatan Canvasing ini diharapkan wajib pajak sadar dan patuh dalam memenuhi  kewajiban perpajakannya,” jelas Lingga. (***)

Kabiro Asahan Sumut : Fran Manurung