Tak Perdulikan Himbauan, 50 Bangunan Liar di Kapuk Jakarta Barat Ditertibkan

0
64

BERITA JAKARTA – Sebanyak 50 bangunan semi permanen yang berlokasi di Jalan Jambu RT08/RW01, Kelurahan Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (8/4/2015), ditertibkan petugas gabungan Satpol PP. Penertiban dilakukan karena puluhan bangunan tersebut, berdiri di atas saluran air dan tidak memiliki izin.

“Puluhan bangunan liar itu membuat wilayah tersebut kumuh dan mengganggu saluran air,” kata Kadiman Sitindjak, Kepala Satpol PP Jakarta Barat.

Dalam penertiban ini, menurut Kadiman, pihaknya menerjunkan 100 personel yang terdiri dari Satpol PP, TNI dan Polri. Satu unit eskavator juga dikerahkan untuk merobohkan bangunan.

Menurut Kadiman, pihaknya sudah berulangkali mengimbau para pemilik bangunan agar membongkar sendiri bangunannya. Namun imbauan tersebut tidak dihiraukan sampai dilakukannya penertiban.

“Bangunan itu kebanyakan rumah kontrakkan yang dimanfaatkan menjadi lokasi pengepul barang-barang bekas,” ujar Kadiman.

Saat melakukan penertiban, salah seorang penghuni, Saba (70), sempat berupaya menghalangi petugas melakukan pembongkaran. Ia meminta agar pembongkaran ditunda sampai keluarganya memperoleh tempat tinggal yang baru. (BJ/TP Moan)