GNI Pamerkan Karya-Karya Penerus Dunia Seni Rupa Indonesia di Masa Depan

0
77

BERITA JAKARTA – Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kacung Marijan, membuka secara resmi Pameran Seni Rupa Mahasiswa Indonesia 2015, di Galeri Nasional Indonesia (GNI), Kamis (9/4/2015). Pameran Seni Rupa Mahasiswa Indonesia 2015 yang diselenggarakan oleh GNI ini berlangsung pada 9-23 April 2015 dengan mengangkat tema “Nalar, Sensasi, Seni”.

Kacung mengatakan, karya mahasiswa yang ikut dalam pameran kali ini merupakan karya-karya penerus dunia seni rupa Indonesia di masa depan. Dunia seni rupa Indonesia, kata dia, pada 10 sampai 20 tahun mendatang itu bisa dilihat dari karya-karya anak-anak SD, SMP, SMA, dan mahasiswa. “Evolusi memang ada, tetapi paling tidak karya seseorang itu memiliki fondasi dari awal,” katanya.

Kacung menyampaikan, forum pameran ini sangat bagus karena ada proses seleksi lebih dari 1.000 karya dan yang terpilih menjadi 105 karya. Berarti karya yang ditampilkan disini, kata dia, adalah karya-karya pilihan. “Ini adalah karya-karya yang akan menjadi tonggak untuk yang akan datang,” ujarnya.

Kacung mengungkapkan, diantara karya-karya mahasiswa di pameran ini diharapkan ada karya yang dapat menjadi bagian dari koleksi GNI. Sehingga, kata dia, ini akan menjadi sejarah bagi mahasiswa tersebut bahwa karyanya dapat menjadi koleksi GNI. Tetapi dia tidak menginginkan bahwa 10 tahun yang akan datang mahasiswa tersebut kembali ke GNI untuk mengatakan kehebatan karyanya yang menjadi koleksi GNI pada 10 tahun yang lalu. “Berarti 10 tahun kemudian itu kalah hebat dengan 10 tahun sebelumnya, gak berkembang,” tuturnya. (Agi Bahari)