Yuk, Kunjungi Pameran Seni Rupa Karya Mahasiswa Indonesia di Galeri Nasional Indonesia

0
124

BERITA JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan menggelar Pameran Seni Rupa Karya Mahasiswa Indonesia 2015 di Galeri Nasional Indonesia (GNI). Pameran yang bertemakan “Nalar, Seni, dan Sensasi” ini digelar pada tanggal 9-23 April 2015 sebagai wujud pelaksanaan pameran dan layanan edukasi yang disajikan oleh GNI.

Sebanyak 105 karya terpilih dari 105 mahasiswa yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia dipamerkan pada Pameran Seni Rupa Karya Mahasiswa Indonesia 2015. Sebelumnya terdapat proses seleksi oleh tim Kurator GNI yang terdiri dari Suwarno Wisetrotomo, Citra Semara Dewi, dan Rizki A. Zaelani terhadap sekitar 1.000 karya dari 543 mahasiswa yang mendaftar untuk pameran tersebut. Ini membuktikan adanya antusiasme yang tinggi dari mahasiswa di bidang seni rupa untuk menunjukkan kualitasnya, baik dari segi gagasan, nalar, dan visual.

Pameran Seni Rupa Karya Mahasiswa tersebut merupakan kali kedua yang digelar oleh GNI dimana sebelumnya pernah digelar Pameran Seni Rupa Karya Mahasiswa Indonesia pada tahun 2004 dengan tema “Dunia Seni Rupa sebagai Proses Pembelajaran”. Namun tidak hanya itu, GNI juga pernah menyelenggarakan kegiatan edukatif-kultural melalui pameran seni rupa dari kalangan dunia pendidikan seperti Pameran Seni Rupa Karya Guru Seni Budaya pada tahun 2014, Pameran Karya Pengajar Seni Rupa pada tahun 2013,  dan sebagainya.

Selain pameran, GNI juga menyuguhkan acara lain berupa diskusi interaktif dan santai di bidang seni rupa serta uniknya pemateri diskusi tersebut berasal dari kalangan mahasiswa itu sendiri. Rencananya diskusi tersebut akan diselenggarakan pada Jumat, 10 April 2015 pukul 13.00 WIB, di Ruang Seminar GNI dengan tema “Sensasi dalam Kreatifitas” dan sebagai pembicaranya adalah Muhammad Rido mahasiswa Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta dan Restu Taufik Akbar mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung. Rangkaian acara lainnya adalah Motivasi Rupa dengan tema “Membangun Mental Kreatif” yang akan diselenggarakan pada Jumat, 17 April 2015 pukul 15.00 WIB, di Arena Terbuka GNI. Acara Motivasi Rupa ini menghadirkan Dolorosa Sinaga (pematung dan akademisi) sebagai narasumber.

GNI berharap dengan dihelatnya seluruh rangkaian acara Pameran Seni Rupa Mahasiswa Indonesia 2015 ini dapat menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk menyalurkan ide-ide kreatifnya dan dapat menunjukkan potensi kreativitasnya serta pencapaian artistiknya. Selain itu, diharapkan dapat memacu motivasi dan mengukur potensin mahasiswa lainnya serta sebagai ajang bertukar pikiran antar para mahasiswa di bidang seni ruap dan desain. (Agi Bahari)