Senin Besok, Jusuf Kalla ke Bandung, Jadi Saksi Sidang MS Syaifudin Kasus Korupsi Lahan PLTU

0
7
Jusuf Kalla

BERITA BANDUNG – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla akan menjadi saksi pada sidang MS Syaifuddin atau Yance, terdakwa korupsi pembebasan lahan PLTU Batubara Sumur Adem Indramayu, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung, Jawa Barat, Senin besok (13/4/2015). Seluruh ruangan pengadilan yang akan dilewati Jusuf Kalla sudah disterilkan.

“Hingga detik ini tidak ada pembatalan. Besok Insya Allah Pak Wapres jadi saksi sidang Yance, jadwalnya seperti biasa pagi,” ujar Humas PN Bandung Djoko Indiarto seperti dilansir detik.com, Minggu (12/4/2015).

Menurut Djoko, karena yang hadir adalah pimpinan negara, maka pengamanan pengadilan dilakukan secara maksimal. “Semua yang akan dilintasi sudah disterilkan. Paspampres sudah survei,” terangnya.

Sebelum memasuki ruang sidang, menurut Djoko, Jusuf Kalla akan transit dulu di sebuah ruangan di lantai 1 Pengadilan Tipikor. “Setelah semua siap dan beliau dipanggil, baru beliau masuk ruang sidang, setelah selesai langsung pulang,” kata Djoko.

Menurutnya untuk pengamanan melibatkan Paspampres dan Polrestabes Bandung. “Untuk ring 1 Paspampres, di luar ring 1 baru Polrestabes,” katanya.

Sebelumnya kuasa hukum Yance, Ian Iskandar, menyatakan JK akan hadir menjadi saksi meringankan bagi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Jawa Barat itu. Yance didakwa telah melakukan tindak pidana korupsi dalam pembebasan lahan seluas 82 hektare untuk pembangunan PLTU senilai Rp 42 miliar. (red)