UN Hari Pertama di Provinsi Kalimantan Tengah Berjalan Lancar

0
64

BERITA PALANGKA RAYA – Pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun 2015 jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) hari pertama, di Provinsi Kalimantan Tengah berjalan dengan lancar. Pada kesempatan ini, Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah Achmad Diran turut memantau pelaksanaan UN di tiga sekolah. Sekolah tersebut adalah SMK Negeri 8 Palangka Raya, SMA Negeri 2 Palangka Raya, dan SMA Negeri 6 Palangka Raya.

“Setelah kita lihat perjalanan UN hari pertama ini berjalan dengan lancar, tanpa ada hambatan. Naskah soal pun tidak ada yang terlambat sampainya,” tutur Achmad saat ditemui kemdikbud.go.id di SMA Negeri 6 Palangka Raya, Senin (13/04/2015).

Pelaksanaan UN di SMK Negeri 8 diikuti oleh 21 siswa dengan menggunakan dua ruangan. Dari 21 siswa yang terdata sebagai peserta ujian, terdapat satu perserta yang tidak mengikuti ujian dengan alasan sudah menikah. Menurut informasi yang di dapat oleh kemdikbud.go.id, peserta tersebut tidak mengikuti ujian karena keputusan sendiri.
Pada persoalan seperti ini, Achmad menekankan tidak boleh ada siswa yang tidak mengikuti UN. “Jika keputusan diambil atas dasar keputusan siswa itu sendiri, kami akan coba ajak kembali siswa tersebut untuk mengikuti ujian tahun depan, atau mengikuti Paket C agar semua terlayani pendidikannya,” ucap Achmad yang dahulu juga merupakan seorang guru.

Sedangkan pelaksanaan UN di SMA Negeri 2 Palangka Raya diikuti oleh 334 peserta. Peserta tersebut terdiri dari siswa konsentrasi Bahasa berjumlah 18 peserta, IPA berjumlah 194 peserta, dan IPS berjumlah 122 peserta. Adapun sekolah lain yang berasal dari SMA Bina Citra Utama turut bergabung mengikuti ujian di SMA Negeri 2 Palangka Raya dengan jumlah peserta 9 siswa.

Dan pelaksanaan ujian di SMA Negeri 6 Palangka Raya diikuti oleh 84 peserta. Peserta dari konsentrasi IPA berjumlah 44 peserta, dan IPS berjumlah 40 peserta dengan menggunakan lima ruang ujian. Pada pelaksanaan ujian di sekolah ini tidak ada terjadi kendala, baik dari distribusi naskah soal ataupun kehadiran peserta. Seluruh peserta ujian hadir dan mengikuti ujian.

Secara keseluruhan total peserta ujian di Provinsi Kalimantan Tengah berjumlah 24.268 peserta. Peserta pada jenjang SMA berjumlah 14.287 siswa, jenjang MA berjumlah 2.824, jenjang SMK berjumlah 7.145 peserta, jenjang SMALB UN berjumlah 6 siswa, dan SMALB US berjumlah 6 siswa. “Saya bangga pada pelaksanaan ujian tahun ini yang berjalan dengan baik dan lancar. Bayangkan dari beberapa siswa yang saya tanya, mereka menjawab UN tahun ini lebih asyik. Saya berharap pelaksanaan UN di provinsi kami dapat berjalan dengan lancar,” pungkas Achmad. (Seno Hartono)