Giliran Warga Kampung Melayu Terima KIP Tahap Kedua

0
109

BERITA JAKARTA – Pemerintah terus berupaya meningkatkan pemerataan akses pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat melalui pembagian Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat, dan Kartu Keluarga Sejahtera pada tahap kedua. Kali ini giliran warga Kampung Melayu, Jakarta Timur, yang berkesempatan menerima langsung ketiga kartu tersebut dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Sebanyak 8 dari 258 anak di daerah tesebut yaitu Ahmad Renaldy, Della, Dony Philipus, Dani Santiago, Dea Henry Aprianto, Hanifah Maudina, Muhammad Yaser, dan Gurtobi, menerima KIP langsung dari Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan, anak-anak penerima KIP tersebut sudah disisir agar tidak berbenturan dengan anak-anak penerima Kartu Jakarta Pintar. “Ini yang gak mungkin double,” katanya saat membagikan Kartu Indonesia Pintar secara simbolis kepada warga Kampung Melayu di Kantor Pos Kampung Melayu, Jakarta, Rabu (13/5/2015) kemaren.

Presiden Jokowi menyebutkan, penerima KIP untuk anak dengan jenjang SD/Sederajat mendapat bantuan sebesar 400.000 rupiah dan anak dengan jenjang SMP/Sederajat sebesar 750.000 rupiah serta anak dengan jenjang SMA/Sederajat sebesar 1.000.000 rupiah. KIP yang sudah diterima tersebut, kata dia, agar segera dimanfaatkan untuk keperluan sekolah anak-anak. “Anak-anak tadi yang dapat Kartu Indonesia Pintar bisa dipakai untuk beli buku, beli sepatu,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, pemerintah juga memberikan bantuan sosial bagi 260 Orang Dengan Kecacatan Berat melalui Kartu Asisten Orang Penyandang Disabilitas Berat. Mereka yang mendapatkan bantuan tersebut berhak menerima bantuan sebesar 300.000 rupiah per bulan dan dapat diambil tiga kali dalam satu tahun.

Dalam acara tersebut hadir beberapa Menteri Kabinet Kerja diantaranya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek, dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. (Agi Bahari)