Tidak Ada Korban Jiwa, Bus Transjakarta Kembali Terbakar di Jalan Jatinegara Barat

0
100
Bus Transjakarta

BERITA JAKARTA – Satu unit bus Transjakarta kembali terbakar. Kali ini menimpa bus Transjakarta koridor V Ancol-Kampung Melayu dengan nopol B 7406 IV. Bus dengan nomor lambung LRN 035 ini ini terbakar saat melintas di Jalan Jatinegara Barat, Kampung Melayu, Jakarta Timur sekitar pukul 05.00 WIB, Kamis (21/5/2015).

Terbakarnya bus diduga karena kampas rem yang telah aus atau habis sehingga memicu munculnya api. Api kemudian merembet ke bagian mesin. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini karena bus masih sepi penumpang.

Informasi yang berhasil dihimpun, bus yang dikemudikan Kusnadi (45) ini melaju dari arah Terminal Kampung Melayu menuju Ancol. Namun baru berjalan sekitar 50 meter dari terminal, bus mengalami kendala. Pramudi tersebut pun mengeremkan laju kendaraannya. Anehnya malah timbul percikan api dan percikannya merembet ke bagian mesin.

Diduga ada kerusakan pada kampas rem itu hingga akhirnya percikan apinya menyambar bagian mesin yang ada di bagian belakang. Padahal sebelum dioperasikan, bus sudah dicek seluruhnya dan layak untuk dioperasikan. “Saat rem diinjak, kok malah timbul percikan api. Sepertinya ada kerusakan pada kampas rem. Makanya saya langsung hentikan bus ini,” ujar Kusnadi.

Terkait hal tersebut, Kasie Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Moelyanto mengatakan, kebakaran diduga akibat kerusakan pada kampas rem. Namun api berhasil dipadamkan 30 menit setelah kejadian, menggunakan satu unit mobil pemadam.

“Dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat kampas rem yang aus. Saat pramudi menginjak rem, timbul percikan api dan percikannya merembet ke bagian mesin,” ujar Moelyanto. (BJ/Nurito)