Intel dan Micron mengungkap 3D Xpoint Teknologi Memori Terbaru 1000 Kali Lebih Cepat

0
53

INTEL sang produsen chip top dan Micron, produsen perangkat keras terkenal bekerja sama dalam menghadirkan teknologi memori terbaru dan mereka telah mengungkapkan hasil kerja mereka di mana mereka menamakan teknologi terbaru ini bernama 3D XPoint, di mana memori ini dapat digunakan sebagai memori sistem maupun penyimpan data, jadi secara sederhana dapat digunakan sebagai pengganti RAM maupun menggantikan SSD untuk penyimpan data.

Menurut mereka, teknologi ini menghasilkan memori yang lebih cepat sampai 1000 kali dalam kecepatan baca maupun tulis bahkan memiliki ketahanan lebih baik dibanding memori NAND Flash yang sekarang digunakan pada SSD.

Selain itu, memiliki kepadatan 10 kali lipat sehingga memberikan kapasitas yang lebih besar dari ukuran fisik yang sama, namun tetap mempertahankan efisiensi energi. Dahsyat yah?

Teknologi 3D Xpoint ini akan menggunakan slot PCI Express (PCIe) untuk terkoneksi dalam perangkat komputer karena memberikan kecepatan bus paling cepat saat ini. Namun mereka akan mengembangkan teknologi baru maupun arsitektur motherboard baru yang bisa memaksimalkan 3D Xpoint.

Dengan kehadiran teknologi ini, maka performa komputasi terutama pengolahan grafis yang intensif seperti gaming yang haus memori akan sangat meningkat.  (***)