Kepala BNN, Anang Iskandar, Apresiasi Giat Jambore di Kabupaten Solok Sumatera Barat

0
56

BERITA SUMBAR – Solok adalah salah satu Kabupaten di Sumatera Barat yang terhitung sering mengadakan kegiatan jambore dalam rangka penyuluhan Narkoba. Tahun 2015 ini merupakan yang ke tujuh kalinya Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Solok menyelenggarakan kegiatan tersebut, Kamis (30/7/2015) kemarin.

Kepala Badan Narkotika (BNN), Anang Iskandar akan mengadakan kunjungan ke Kabupaten Solok dalam rangka memberikan penghargaan kepada Pemerintah Daerah (Pemkab) Solok atas dedikasi selama ini untuk menyelenggarakan kegiatan jambore anti narkotika yang akan diberikan secara langsung di Mapolres Solok. Penghargaan diberikan oleh BNN mewakili pemerintah sesuai dengan undang-undang bagi masyarakat yang berpartisipasi melaksanakan upaya untuk menyelamatkan bangsa Indonesia dari ancaman narkoba.

Kegiatan Jambore yang diadakan oleh BNK Solok memang telah masuk menjadi agenda rutin tahunan Pemerintah Kabupaten Solok. Terhitung sejak tahun 2007 hingga saat ini, BNK Solok telah mengikutsertakan sebanyak kurang lebih 5.000 peserta jambore yang terdiri dari berbagai kalangan masyarakat, seperti para pelajar SLTA, SLTP, Perguruan Tinggi, LSM/Ormas, Pengurus Parpol, Dinas/Instansi Pemerintah, serta pemuda dari perwakilan masing-masing Kecamatan dan Desa.

Para peserta yang mengikuti jambore diajak untuk melakukan berbagai kegiatan outdoor seperti berkemah, bakti sosial, pagelaran seni, serta api unggun. Tidak hanya itu saja, para peserta juga dibekali dengan berbagai penyuluhan di bidang hukum, sosial, dan politik, disamping tentunya penyuluhan Narkoba yang diberikan secara intensif.

Dalam penyuluhan Narkoba para peserta dibekali dengan berbagai pengetahuan diantaranya, upaya-upaya pencegahan yang dapat dilakukan bagi mereka yang belum tersentuh oleh Narkoba, ancaman hukuman yang berat bagi para pengedar dan bandar, penyitaan aset dalam rangka memiskinkan bandar, serta pentingnya rehabilitasi medis dan sosial bagi para penyalah guna.

Pelaksanaan kegiatan jambore BNK Solok merupakan sebuah kontribusi guna meningkatkan pemahaman generasi muda tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba serta memberikan motivasi generasi muda untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat, aspiratif, dan inovatif.

Melalui kegiatan ini, selain dapat meningkatkan silaturahmi antar sesama pelajar dan pemuda di Kabupaten Solok diharapkan juga menjadi sebuah wadah positif untuk menjauhkan para pemuda dari kegiatan yang tidak bermanfaat. Selain itu, dengan adanya kegiatan jambore ini para siswa diharapkan mampu menjadi kader-kader anti Narkoba, sehingga merekalah yang akan menjadi ujung tombak dalam pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba di sekolah dan lingkungannya masing-masing. (Thioman)