Presiden Tayyip Erdoğan, Undang Presiden Jokowi Hadiri KTT G20 di Turki November Mendatang

0
55

BERITA JAKARTA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan mengundang Presiden Joko Widodo untuk menghadiri pertemuan G20 yang akan dilaksanakan di Antalya, Turki, November mendatang. Undangan tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Erdoğan saat melakukan pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jumat (31/7/2015).

“Kami mengundang Presiden Jokowi datang ke KTT G20 di Antalya, Turki dan saya akan senang menyambut,” ujar Presiden Erdoğan dalam konperensi pers bersama Presiden Jokowi, di Istana Merdeka, Jumat (31/7) petang.

Menjawab undangan tersebut Presiden Jokowi mengatakan bahwa dia memang memiliki agenda kunjungan kerja ke luar negeri, termasuk ke Turki.

“Kita mau ke Timur Tengah dulu di beberapa negara, setelah itu ke Amerika, setelah itu baru ada pertemuan lagi di G20, November di Turki. Mungkin ketemunya lagi di situ,” kata Presiden Jokowi.

Dalam pernyataan pers-nya Presiden Turki juga menyampaikan kegembiraannya datang ke Indonesia yang dikatakannya sebagai negara yang sangat bersahabat dan sangat dekat dengan Turki.

“Turki dan Indonesia memiliki kesamaan budaya, kesempatan kerja sama harus ditingkatkan,” ungkap Erdoğan.

Khusus mengenai hubungannya dengan Presiden Jokowi, Erdogan mengatakan bahwa ia dan Presiden Jokowi juga memiliki kesamaan yaitu sama-sama pernah menjadi kepala daerah.

“Kita tidak memiliki kesulitan dalam melihat demokrasi karena kita telah berasal dari pemerintah daerah ke pemerintah nasional,” tutur pria yang pernah menjadi Walikota Istambul ini.

Pertemuan kedua Presiden tersebut membahas berbagai isu diantaranya ekonomi, terorisme, dan kerja sama multilateral. Pada kunjungannya ke Indonesia kali ini, Presiden Erdoğan juga membawa sejumlah pebisnis yang akan mengikuti forum bisnis Indonesia – Turki.

“Kita akan melakukan business forum besok, kita akan mendapatkan proyek-proyek baru,” pungkas Erdogan.

(UN/RAH/ES)