Mendikbud, Anies Baswedan Buka, Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2015

0
66

BERITA MAKASSARMenteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan membuka Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2015 di Celebes Convention Center, Makassar, Sulawesi Selatan, hari ini, Senin (3/8/2015). Penyelenggaraan O2SN yang ke-8 ini dilaksanakan pada tanggal 2 sampai dengan 8 Agustus 2015.

O2SN ke-8 bertemakan “Olimpiade Olahraga Pembentang Karakter Sportif, Sehat, Cakap, dan Tangguh Bagi Siswa”. Merujuk pada tema tersebut, penyelenggaraan O2SN bertujuan menumbuhkembangkan dan membina rasa sportivitas, sikap saling menghargai, meningkatkan kebugaran raga, sikap kompetitif, dan sikap kerja sama antara peserta didik.

Peserta O2SN diikuti 4.037 pelajar dari 34 provinsi jenjang SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB, dan SMK negeri dan swasta. Para peserta tersebut merupakan hasil seleksi yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, dan provinsi.  Turut hadir pendamping dari masing-masing peserta yang berjumlah 3.290 orang.

Para peserta akan berlaga dalam 13 cabang lomba yaitu atletik, bulutangkis, tenis meja, catur, renang, karate, pencak silat, senam, voli mini, bola voli, bocce (olahraga khusus penyandang tunagrahita), basket dan futsal. Semua lomba akan diselenggarakan di Kota Makassar, dengan lokasi di GOR MBC, GOR Flying Wheel, GOR Bosowa, Stadion Mattoangin, GOR Suddiang. Selain itu juga akan diselenggarakan di GOR Sungguminasa, GOR Telkom, SMANKO, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Negeri Makassar. (Seno Hartono)