Momen Yang Paling Ditunggu-Tunggu Semua Pihak, Pengumuman Hasil IOAA 2015 Sore Ini

0
73
BERITA YOGYAKARTAPengumuman dan penyerahan seluruh medali olimpiade akan menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh semua pihak pada upacara penutupan Olimpiade Internasional Astronomi dan Astrofisika atau International Olympiad on Astronomy and Astrophysics  (IOAA) 2015. Senin sore (3/8/2015) peserta akan mengetahui hasil keseluruhan. Sepuluh hari sudah mereka berkompetisi memperebutkan medali sebagai simbol kemenangan. 
Medali yang akan diserahkan adalah medali emas, perak, dan perunggu. Ada pula penghargaan lain yang akan diumumkan yaitu penghargaan Honorable Mention, The Best Observational Test, The Best Data Analysis Test, dan The Best Team Competition.
Dua kali sukses menjadi tuan rumah IOAA, Indonesia akan terus menyambut antusias kegiatan-kegiatan keilmuan internasional yang tentu dapat mendukung tujuan nasional Indonesia dalam mencerdaskan bangsa. “Kami yakin manfaat dari ajang seperti ini pada gilirannya dapat membantu menjawab tantangan global. Atas nama pemerintah Indonesia, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh siswa, team leader dan observer yang telah hadir di Indonesia untuk mengikuti IOAA,” tutur Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud, Hamid Muhammad.
 
Mengakhiri seluruh kegiatan, akan dilangsungkan upacara penutupan IOAA 2015 di Candi Prambanan sore ini (3/8/2015) pukul 16.00-18.00 WIB. Hamid Muhammad akan menutup IOAA 2015. Akan turut hadir Gubernur Jawa Tengah, Direktur Pembinaan SMA Kemendikbud, serta Walikota Magelang. 
 
Sebagai penanda berakhirnya IOAA 2015, akan ada sesi penyerahan Bendera Pataka IOAA kepada perwakilan tuan rumah IOAA 2016, yakni India. Tahun depan, IOAA ke-10 akan dilaksanakan pada tanggal 9–19 Desember 2016 di Bhubaneswar, India. Ke depan diharapkan akan lebih banyak negara berpartisipasi sehingga akses terhadap ilmu Astronomi dan Astrofisika akan semakin terbuka di seantero planet bumi.
 
Rentetan kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan harapan semua pihak baik panitia pelaksana maupun peserta. Perhelatan Olimpiade Astronomi dan Astrofisika Internasional yang dilaksanakan setiap tahun ini kian mempererat hubungan persahabatan 41 negara di dalam dunia keilmuan.  (Emi Salpiati)