Tim Labfor Mabes Polri Cabang Semarang, Uji Balistik Senjata Api Polres Batang

0
65

BERITA BATANG – Ratusan senjata api organik Polres Batang Jawa Tengah saat ini tengah diuji balistik oleh tim Laboratoirum Forensik (Labfor) Mabes Polri Cabang Semarang. Pemeriksaan itu dilakukan untuk mengetahui apabila ada senjata yang disalahgunakan dalam penggunaanya.

”Pemeriksaan senjata di Polres Batang ini tidak hanya digunakan anggota dalam menjalankan tugas tapi juga yang disimpan di gudang diperiksa seluruhnya,” ujar Kabid Balestik dan Materialistik Labfor Mabes Polri Cabang Semarang AKBPTeguh Primono saat memimpin anak buahnya melakukan pemeriksaan.

uji balistik 2Sementara Dari Polres Batang diikuti oleh Wakapolres Kompol Widodo Ponco Sutanto, Kasubag Sarpras AKP Dalimi dan Kasi Propam Iptu Kendar Priyatno. “Pemeriksaan surat uji balistik itu sekaligus untuk pemeriksaan surat-surat serta sidik jari. Sebab, untuk pemeriksaan senjata itu ada alurnya,” kata Wakapolres.

Saat ini senjata api itu digunakan anggota baik yang tugas di Polres meliputi Satuan Reskrim, Satuan Intel, Satuan Shabara, Satuan Lantas, dan Satuan Polrair ataupun perwira staf. Selain itu, juga anggota yang tersebar di 12 polsek. Pemeriksaan itu juga untuk mengetahui kelayakan senjata.

Apabila ada kerusakan atau tidak layak bisa diketahui lebih dini. Selain itu, juga digunakan untuk pengecekan terhadap anggota yang membawa senjata itu terkait dengan surat-surat ataupun kelayakan anggota itu sendiri. ”Sebab, tidak semua anggota bisa memegang atau membawa surat. Namun melalui tes serta persyaratan khusus yang lainnya.uji balistik 1

”Uji balistik dilakukan dengan mengisi peluru setiap senjata. Selanjutnya, ditembakkan ke dalam kotak besi. Hasilnya, bisa langsung segera diketahui, apabila ada yang rusak langsung dipisahkan. Sedangkan, yang kondisinya masih layak setelah diuji coba langsung dimasukkan dalam gudang kembali. (Boy)

Biro Jateng