Modus “Geser Tas” Tengah Santai Direstoran, Barang Berharga Raib Dalam Hitungan Menit

0
92

BERITA JAKARTA – Banyak cara dilakukan para pelaku kejahatan untuk memangsa korbannya,seperti yang di alami Fredy Panggabean (43) Warga Jalan Enim, No 104, RT03/RW10, Sungai Bambu, Tanjung Priuk, Jakarta Utara saat bersantap di Restoran Hoka Hoka Bento WTC I Jenderal Sudirman, Karet, Setiabudi, Kamis (13/8/2015) sekitar pukul 13.10 WIB, jadi korban pencurian komplotan bermodus “geser tas” dengan mengunakan kaki, dalam hitungan menit tas berisi barang barang berharga raib alias pindah tangan ke bawah meja kolong makan pelaku.

Kepada Beritaekspres.com, Fredy berkisah, jika peristiwa ini bermula saat ia datang seorang diri ke restoran cepat saji ala Jepang tersebut. Namun tak berselang lama, ia tersadar jika tas kerjanya yang diletakkan di bawah tepatnya di samping kaki kanannya, telah berpindah tempat.

“Waktu itu saya lagi asik makan dan main HP. Gak sadar, tas saya yang saya taruh di bawah meja, tiba-tiba hilang,” kata Fredy saat menyambangi SPK Polsek Setiabudi, Kamis (13/8).

Korban menambahkan, di sela-sela kejadian, ternyata ada sejumlah orang yang mencoba duduk di dekatnya, dengan memesan makan juga dan diduga sebagai cara untuk mengalihkan perhatian. Mereka berjumlah 5 orang.berdasarkan rekaman CCTV restoran tersebut, para pelaku masing-masing berbagai tugasnya dan hanya berlangsung kurang dari 10 menit untuk melakukan aksinya.

Ada yang betugas mengawasi, ada yang bertugas mengalihkan perhatian, ada yang bertugas mencuri dan ada yang bertugas bersiap menerima hasil curian dengan dimasukan tas hasil curian ke dalam tas besar.

“Pelaku ada di belakang saya. Mereka sambil makan juga. Saya taruh tas di bawah. Lalu pelaku mencurinya. Ia mengeser tas pelan-pelan, pakai kakinya. Lalu, mengopernya ke komplotannya melalui kolong meja. Setelah itu, satu persatu pelaku melarikan diri,” ucap korban, dengan didampingi dua karyawan Hoka Hoka Bento.

Korban  yang diketahui berkerja sebagai kurir di DHL Global Forwarding, Sudirman itu, kehilangan sejumlah barang berharganya, seperti Laptop merek Delluang tunai Rp350 ribu, sejumlah identitas dan dokumen penting pekerjaan.kemudian melapor ke Polsek Setiabudi dengan nomor LP/276/K/VIII/2015 Sek Setiabudi. Jakarta Selatan. (Yon)