Spesifikasi Samsung Galaxy J7, Phablet Lollipop Dengan Front LED Flash

0
62

DEMI meningkatkan angka penjualan ke tingkat lebih tinggi, Samsung kali ini ingin menyasar pasar di semua kalangan. Dengan meluncurkan ponsel Android seri A, E, J hingga seri dengan kasta tertinggi yaitu S dan Note. Kali ini samsung meluncurkan keluarga baru untuk jajaran seri J yakni Galaxy J7. Ingin tau seperti apa kehandalan ponsel yang satu ini?

Menilik dari segi desain, nampaknya tak ada perbedaan yang berarti karena pada dasarnya desain ponsel Android keluaran Samsung nampak hampir sama. Pada bagian depan terdapat satu tombol fisik ‘Home’ di tengah dan dua tombol kapasitif ‘Back’ dan  ‘Task Manager’ sisi kanan kiri tombol home. Dibagian atas terdapat logo Samsung, sensor, kamera depan, dan LED flash. Memang jika diilihat sekilas nampak tak ada perbedaan yang berarti dari ponsel Galaxy seri lainnya kecuali ukurannya. Samsung Galaxy J7 sendiri mengusung tidak mengusung unibody, yang berarti casing belakang dapat dilepas dengan mudah dan dapat melepas baterai.

Bergeser pada sektor hardware, nah mungkin di sektor inilah keunggulan dari phablet satu ini. Pada kehadirannya nampaknya akan ada dua varian yang berbeda. Perbedaan tersebut terletak pada chipset yang digunakan Galaxy J7 ini. Yang pertama yaitu menggunakan Chipset milik Samsung, Exynos 7580. Chipset ini memiliki delapan inti prosesor atau octa-core yang memiliki clock speed 1,5 GHz yang berarsitektur ARM Cortex-A53. Untuk GPU yang digunakan pada chipset ini yaitu Mali-T720.

Sedangkan untuk varian yang kedua, Galaxy J7 menggunakan chipset dari Qualcomm yakni Snapdragon 615 yang memiliki jumlah inti prosesor yang sama dengan Exynos 7580 yakni 8 core/octa-core. Yang menjadi perbedaan adalah clock speed yang digunakan Snapdragon 615 ini ada dua, yaitu prosesor 64-bit dengan quad-core 1.4 GHz ARM® Cortex™ A53 dan quad-core 1.0 GHz ARM® Cortex™ A53 CPU. Pada chipset Snapdragon memiliki GPU Adreno 405. Kedua chipset tersebut sama-sama menggunakan kapasitas RAM sebesar 1,5GB dan penyimpanan internal sebesar 16GB yang tentunya masih bisa diekspansi karena adanya dukungan slot micro SD hinga 128GB.

Samsung Galaxy J7 ini sudah menjalankan sistem operasi Android Lollipop 5.1 dengan tampilan antarmuka miliki Samsung, TouchWiz. Untuk ukuran layarnya sendiri cukup lebar, yakni 5,5 inci dengan resolusi 720 x 1280 piksel (~267 ppi pixel density) dan telah menggunakan jenis layar Super AMOLED yang dapat menghasilkan 16 juta warna. Karena besarnya ukuran layar yang diusung, ponsel ini termasuk kedalam jenis phablet.

Selanjutnya untuk sisi multimedianya, Galaxy J7 memiliki keunikan yang tak dimiliki keluarga Galaxy lain, yakni adanya LED flash pada bagian depan untuk menunjang selfie. Kamera depannya sendiri memiliki kekuatan sebesar 5MP, sepertinya Samsung ingin memanjakan konsumennya yang hobi ber-selfie. Pada kamera bagian belakang terdapat sebuah kamera dengan kekuatan 13MP yang dilengkapi LED flash. Untuk fitur-fiturnya cukup lengkap seperti biasanya, yakni mode percantik, HDR, dan lain-lain. Untuk merekam video, Galaxy J7 mampu merekam dengan resolusi 1080p 30fps.

Ponsel berbobot 171 gram ini sudah mendukung jaringan 4G LTE dengan dukungan dual sim, dual stand by. Terdapat pula konektivitas seperti Bluetooth v.4, Wi-Fi, FM Radio, dan NFC. Namun fitur NFC hanya tersedia untuk varian yang menggunakan chipset Snapdragon saja. Phablet ini didukung dengan kapasitas baterai yang cukup besar yakni 3000 mAh yang dapat mengoperasikan ponsel hingga 10 jam non-stop.

Saat penulis menulis artikel ini, Samsung Galaxy J7 belum resmi masuk di Indonesia, namun sepertinya tak akan lama lagi Samsung akan memasarkan produknya ini ke Indonesia. Untuk harganya sendiri, jika menilik dari harga yang dipasarkan di India, Galaxy J7 dibanderol dengan harga 14.999 Rupee atau sekitar 3,1 juta Rupiah. Mungkin untuk harga Indonesia, Galaxy J7 dibanderol dengan harga yang tak terlampau jauh dengan harga di India yakni sekitar 3 jutaan. Untuk varian warnanya terdapat tiga pilihan, yakni black, white, dan gold.

Kesimpulan

Jika dilihat dari spesifikasi yang diusung oleh Galaxy J7 ini sepertinya akan menyasar pasar kelas menengah yang akan bersaing dengan produk brand lain yaitu, Xiaomi Redmi Note, Lenovo A7000, dan lainnya. Untuk spesifikasi yang diusung sendiri tak ada keistimewaan yang berarti, namun hadirnya LED flash pada kamera depannya merupakan hal harus dipertimbangkan, karena produk Samsung saat ini yang memiliki fitur front LED flash baru ponsel ini yang memiliki.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan :

  • Jenis layar dan resolusi yang diusung baik
  • Adanya LED flash untuk kamera depan
  • Menggunakan antarmuka TouchWiz yang sama dengan seri Galaxy S
  • Kualitas grafis yang baik saat bermain game berat.
  • Kapasitas baterai besar
  • Mendukung 4G LTE
  • Telah menggunakan Andorid Lollipop 5.1

Kekurangan :

  • Kapasitas RAM hanya 1,5GB
  • Body plastik glossy yang mudah kotor dan meninggalkan bekas sidik jari
  • Fitur NFC hanya terdapat pada varian chipset Snapdragon 615