Berikan Pembekalan, Polwan Polda Jawa Tengah Gelar Bhakti Sosial di Lapas Wanita

0
10
Polwan Semarang

BERITA SEMARANG – Polwan Polda Jawa Tengah menggelar Bhakti Sosial yang diselenggarakan di Lapas Klas IIA Wanita, Bulu Semarang. Dalam kegiatan tersebut Polda juga memberikan sosialisasi dan pembekalan baik bidang hukum maupun Psikolog untuk para Napi, Jumat (28/8/2015).

Kepada Beritaekspres.com Kabag Psikolog Biro SDM Polda Jateng, AKBP Agus Yulianto mengatakan, pihaknya memberikan pembekalan agar para Narapidana di Lapas Klas IIA Wanita tersebut tidak mengalami stres. Karena senyaman apapun, mereka tetap tidak bebas di dalam Lapas, pasti mengalami stres.

“Senyaman apapun di Lapas mereka tetap tidak bebas sehingga mengalami stres,” ujar Agus usai memberikan pembekalan terhadap Napi, Jumat (28/8).

Pihaknya memberikan pembekalan secara Psikologis, bagaimana mereka mengantisipasi dan menyiapkan diri menghadapi tekanan-tekanan psikologis tersebut. Baik para napi yang baru masuk, napi yang sudah menjalani pertengahan maupun yang akan keluar dari Lapas harus sudah mempersiapkan mentalnya.

“Paling tidak sebelum mereka bebas harus sudah menyiapkan mental. Dan nantinya masyarakat harus bisa menerima. Anggap saja mereka sedang khilaf,” tandasnya.

Pihaknya rencana akan melakukan MoU dengan pihak Lapas. Karena di Lapas Klas IIA Wanita Bulu tersebut belum ada tenaga Psikolog untuk memberikan bantuan konseling.

Analis Kebijakan Penmas Bid Humas Polda Jateng, AKBP Ida Hodijah selaku Ketua Panitia HUT Polwan menyampaikan untuk  HUT Polwan ke 67, kegiatan Polda Jateng yang dipusatkan secara nasional di Polda Padang.

Pihaknya sudah mempersiapkan sekitar 40 Polwan yang akan dikirim ke Padang untuk mengikuti upacara tanggal 1 September nanti.

“Mulai dari peresmian monumen Polwan, anjangsana, bakti sosial juga parade akan digelar di Padang saat HUT Polwan nanti,” ujar Ida.

Sementara kegiatan di wilayah Polda Jateng sendiri diisi dengan bhakti sosial di berbagai tempat, diantaranya mengunjungi Panti Wreda Pucang Gading, anjangsana ke purnawirawan Polwan, mengunjungi Polwan yang sakit, dan tempat lainnya.

Selain itu, Polwan Polda Jateng juga mengadakan pembinaan dan sosialisasi kesehatan oleh dokter kepolisian tentang reproduksi yang sudah dilaksanakan di Sunan Kuning (SK) Semarang.

Pihaknya berharap selepas dari Lapas mereka sudah siap hadir di tengah masyarakat. Dan masysrakat bisa menerimanya.

Dalam memaknai HUT Polwan, Ida menyampaikan sebagai Polwan dan ibu rumah tangga, ia bangga bisa melayani dan mengayomi masyarakat dengan baik. (Nining)

Biro Jawa Tengah