Kodim Bangkalan dan Mahasiswa Ajak Petani Sukseskan Swasembada Pangan

0
15

BERITA BANGKALAN – Jajaran Komando Daerah Militer (Kodam) V/Brawijaya melalui Komando Distrik Militer (Kodim) 0829/Bangkalan, Madura, Jawa Timur bersama pemerintah daerah mengajak para petani untuk menyukseskan program nasional swasembada pangan melalui upaya khusus peningkatan produksi padi, jagung, dan kedelai, Rabu (2/9/2015).

“Kami mengajak petani untuk bersama-sama mendukung program pemerintah bidang ketahanan pangan menuju swasembada pangan,” kata Komandan Distrik Rayon Militer (Danramil) 03/Kamal, Kapten Inf Windoko saat menerima 4 Mahasiswa STTP Malang dan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya yang ditugaskan sebagai pelaksana pengawalan dan pendampingan terpadu penyuluh Mahasiswa dan Babinsa pada program Upaya Khusus (Upsus) padi, jagung, dan kedelai (Pajale) di wilayah Kamal, Rabu, (2/9/).

Ia menyebut dalam mencapai ketahanan pangan, pemerintah saat ini menerapkan sistem pertanian tanam padi jajar legowo. “Prinsip dari sistem tanam jajar legowo ini adalah meningkatkan populasi tanaman dengan mengatur jarak tanam sehingga pertanaman akan memiliki barisan tanaman yang diselingi oleh barisan kosong dimana jarak tanam pada barisan pinggir setengah kali jarak tanam antar barisan,” terangnya.

Danramil mengatakan penerapan sistem tanam jajar legowo akan memberikan hasil maksimal dengan memperhatikan arah barisan tanaman dan arah datangnya sinar matahari. Lajur barisan tanaman dibuat menghadap arah matahari terbit agar seluruh barisan tanaman pinggir dapat memperoleh intensitas sinar matahari yang optimal, katanya.

Sementara itu, Koramil 03/Kamal akan siapkan Demplot untuk tanam kedelai dengan luas lahan 1 hektare dan tanam padi dengan luas lahan 0,5 hektare di Desa Telang Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan. (@hod)