Kisah Mengharukan Seorang Dokter Bedah di China dan Pasien Bocah Berusia 2 Tahun

0
69

TERNYATA menjadi dokter bukan hanya perlu memahami seluk-beluk kesehatan pasiennya. Ia juga harus bisa membuat pasiennya merasa nyaman dan tidak ketakutan ketika menghadapi tindakan medis yang harus ia lakukan.

Seorang anak perempuan berusia 2 tahun hendak mengjalani operasi jantung di Rumah Sakit Kota Zhejiang, Tiongkok. Sebenarnya hal ini tidak lah aneh, namun yang menjadikan berita ini menjadi viral di kalangan netizen adalah apa yang dilakukan oleh seorang dokter untuk menenangkan pasiennya tersebut.

Dokter bedah yang bernama Shi Zhou ini, berinisiatif menunjukkan foto-foto lucu di handphonenya dan mengajak pasiennya itu untuk bermain game kartun sebelum menjalani operasi. Dokter yang juga Wakil Kepala Rumah Sakit ini diketahui memiliki anak berusia 6 tahun. Mungkin itu yang menyebabkan dokter tersebut memiliki pemahaman dan inisiatif lebih dalam menangani pasiennya.

Ditanya tentang tindakannya itu, Zhou merendah,”Dalam ruang operasi, saat menghadapi pasien anak-anak, dokter menggunakan bahasa, mata dan pelukan untuk menenangkannya. Ini merupakan hal yang umum,” ujarnya.

Tindakan tersebut ternyata direkam oleh pemilik akun Guts_D di Reddit. Tak lupa ia menuliskan komentar di bawahnya, “Dokter bedah menenangkan bocah perempuan 2 tahun sebelum operasi dengan bermain game kartun.”

Rangkaian foto-foto yang diunggah oleh akun tersebut menjadi viral pada kalangan netizen selama seminggu lalu.  (Haekal Siregar)