Tipu Rekan Bisnis Komisaris Utama PT RBRM Jadi Duduk di Kursi Pesakitan

0
72

BERITA JAKARTA – Drs. Erwin Harahap, Komisaris Utama PT. Ridho Buana Rizky Mandiri (RBRM) terpaksa duduk dikursi pesakitan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Selasa (22/9/2015) kemarin.

Sidang yang diketuai Majelis Hakim  A. Kohar tersebut, terdakwa disangkakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Guntoro yang menyebutkan bahwa perbuatan pria berusia 52 tahun ini dilakukan sekitar bulan Desember 2011 di hotel Grand Hayat, Jakarta Pusat. 

“Awalnya dengan cara merayu teman bisnisnya, Hasan untuk membeli tanah di bilangan Sawangan Depok seluas 14,5 Ha seharga Rp4,1 miliar,” kata Jaksa

Terdakwa mengatakan, kalo lahan ini dibeli, pasti akan dapat  untung besar, rugi kalo tidak dibeli. Saksi Hasan dijanjikan akan mendapat keuntungan dua kali lipat dari jumlah yang dikeluarkan. Setelah yakin dengan bujuk rayunya, terdakwa Hasan pun menyerahkan uang Rp2 miliar secara bertahap sejak September hingga Oktober 2012.

Dengan pembayaran lahan tersebut Hasan berharap mendapatkan keuntungan yang dijanjikan oleh terdakwa  sebesar 20,5 persen. Namun, uang tersebut bukan diberikan kepada para penggarap tanah, malah dibayarkan kepada PT RBRM, dan digunakan untuk mengganti uang terdakwa yang sebelumnya telah dibelikan saham di perusahaan tersebut, sehingga terdakwa diangkat sebagai komisarisnya.

Meski PT RBRM yang rencananya akan membangun perumahan diserahkan kepada Hasan untuk dijual kepada pihak lain. Namun korban menolak dan tetap minta uangnya dikembalikan. Akibat perbuatan terdakwa saksi korban dirugikan Rp2 milyar lebih. Dengan kejadian ini, Jaksa menjerat terdakwa dengan pasal 378 dan 372 KUHP (Bambang Swantoro)