Wujudkan Swasembada, Babinsa Motori Budidaya Lele di Ngawi

0
16

BERITA NGAWI – Dimotori Babinsa Pos Pangkur Ramil 0805/06 Kewadungan Serda Kasir bersama petugas dari Dinas Perikanan membantu petani meningkatkan ketahanan pangan masyarakat melalui pengembangan budidaya ikan lele. Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya meninjau budidaya ikan lele milik Suparman beralamat di Dusun Manggong Desa Paras Kecamatan  Pangkur, Kabupaten Ngawi, Jum’at (25/9/2015) kemarin.

Kegiatan Babinsa tersebut merupakan suatu wujud kepedulian TNI Angkatan Darat (AD) membantu masyarakat khususnya para petani untuk wujudkan program swasembada pangan yang sedang digalakkan oleh Pemerintah.

Ditemui di kantor Koramil 0805/06 Kewadungan, Danramil Kapten Inf Mairin mengatakan bahwa kegiatan Babinsa tersebut dilaksanakan secara rutin sebagai tindak lanjut dari intruksi Dandim 0805 Ngawi Letkol Inf Sugiono S.Sos bahwa Babinsa Koramil wajib turun langsung membantu dan mendampingi para petani yang ada di Desa binaannya untuk mensukseskan Program Swasembada Pangan yang dicanangkan oleh Pemerintah.

Kegiatan disambut positif oleh para petani di Desa, karena para petani merasa terbantu dan termotivasi sehingga mereka bertambah semangat dalam mengolah lahan pertaniannya.

Selain membantu petani turun kesawah para Babinsa tersebut ikut berperan aktif berperan membina nelayan dan masyarakat pesisir terkait program ketahanan pangan diantaranya kampanye “Gemar Ikan”.

Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Ngawi terus membudidayakan komoditi ikan. Hal ini seperti disampaikan petugas dari Dinas Perikanan Ngawi Syukur Myalup. SP. Dikatakannya hasil budidaya berbagai jenis ikan air tawar di Dusun Manggong Desa Paras Kecamatan  Pangkur, Kabupaten Ngawi telah mampu menyuplai pasokan ikan ke beberapa daerah.

“Lokasi budidaya ikan kita seperti di Dusun Manggong Desa Paras Kecamatan  Pangkur, Kabupaten Ngawi, semuanya telah membuahkan hasl baik. Banyak hasilnya kita jual ke Ngawi dan lainnya,” ujar Syukur Myalup. SP.

Untuk bisa memperoleh hasil budidaya lele yang baik, menurut Syukur Myalup. SP kunci utamanya terletak pada pengaturan kondisi air. Dengan suhu di Kabupaten Ngawi yang sering naik turun secara drastis antara siang hari dan malam, perlu perlakuan khusus agar kondisi kolam tetap stabil.

Untuk menjaga kondisi kolam lele agar tetap baik, Syukur Myalup. SP selama ini menggunakan bahan-bahan alami sehingga sistem yang digunakan disebut natural water system. Dimana untuk mengondisikan air dalam sistem ini ia hanya menggunakan dedak, molase, ragi tape, probiotic, dolomit yang diracik sedemikian rupa sehingga bisa membuat lele berkembang dengan baik.  (#hod)