Kompol I Nengah Adiputra, SIK Mantan Kapolsek Bekasi Selatan Masih Dirindukan

0
152
Kompol I Nengah Adiputra, SIK (Kanan)

BERITA BEKASI – Kompol I Nengah Adiputra, SIK yang pernah menjabat Kapolsek Bekasi Selatan sempat aktual diperbincangkan. Di tengah pam (pengamanan) atas batas sengketa tanah antara Marwan LDII vs Nainggolan di kawasan Pekayon Jaya, Bekasi Selatan. Dalam setiap momentum, termasuk saat Idul Kurban, Kamis (24/9) lalu para personil Polsek Bekasi Selatan masih mempertanyakan keberadaan Kompol I Nengah Adiputra di tempat yang barunya.  

Saat Kapolsek Bekasi Selatan dijabat Kompol I Nengah Adiputra, SIK dilanjutkan Kompol Susilo Edy, SH, MH persoalan sengketa yang kini bakal disulap jadi kawasan Lagon City, bisa diredam dengan pendekatan persuasif. Bahkan Kompol Susilo Edy yang tersohor jebolan ponpes Jawa Timur pun sangat dekat dengan pihak LDII. Tak dipungkiri, bahwasanya peran penguasa wilayah khususnya kapolsek sangat berpengaruh terhadap kondisi di daerah yang dipimpinya.   

MYang unik justru personil Bekasi Selatan beberapa waktu silam yang pam (pengamanan) sejak beberapa hari di Pekayon Jaya. Ada yang berceloteh demi tugas 3 hari belum pulang dan ganti baju. Dari Bhabinkamtibmas, Reskrim, Buser, Patko, Lantas, Intel, Provost semua bertanya hal yang tidak relevansi dengan PAM sengketa batas tanah.

Anehnya, justru bertanya keberadaan Kompol I Nengah Adiputra, SIK. Ternyata Kapolsek Bekasi Selatan yang menjabat tahun 2011/2012 masih dirindukan personil yang pernah merasa dipimpin oleh pria asal Bali, yang bertugas selanjutnya di Kasi SIM Daan Mogot, Jakarta Barat kemudian di Wakasat Lantas Polres Jakarta Barat.

“Bagaimana kabar pak Nengah,“sapa mereka. Saya masih sering ingat pak Nengah, kenapa ya, malah pernah bermimpi. Ya sungguh saya pernah bermimpi ketemu pak Nengah, saya juga heran. Mungkin karena orangnya kelihatan nggak pernah marah, baik sama semua anggota, eh malah jadi keimpikan,”ujar salah seorang personil. Saya pikir beliau itu satu-satunya kapolsek di Bekasi Selatan yang sangat bijak timpal yang lain.  

Apa yang dilontarkan para personil Polsek Bekasi Selatan bukan tanpa realita. Semasa Kompol I Nengah Adiputra, selain tidak pernah membebankan kepada bawahan, orangnya suka blusukan dan banyak partnernya dari yang muda hingga tua. Terbilang bijak dan setiap ada persoalan dilakukan cross check dengan keputusan yang arif dan bijak.

Saking rajin sambang ia bahkan sangat familiar dengan tokoh dan sesepuh di kawasan Bekasi Selatan. “Sampai saat ini saya masih keingetan,” ungkap Aiptu Djijo selaku Kanit Provost yang diamini Aiptu Asep Dharma selaku Kanit Binmas Polsek Bekasi Selatan.

Sementara itu Ketua FKPM Polresta Bekasi Kota, RA Noes Sritantri Suryono pun sampai saat ini masih menjalin silaturahmi dan komunikasi dengan baik. Dalam perspektinya pun sama dengan yang lainnya. Dari ratusan personil Bekasi Selatan, tampaknya menyimpan kerinduan pada sosok seperti Kompol I Nengah Adiputra, SIK. “Saya selalu berdoa untuk pak Nengah, semoga saja semuanya berjalan lancar, meraih segala apa yang diinginkannya.”tukasnya.

Wakapolsek Bekasi Selatan, AKP Meghan yang kini menjadi Kepala Pospol Harapan Indah, Medan Satria setelah tereliminasi dari Kasat Tahti Polresta Bekasi Kota, seperti sangat kehilangan sosok Kompol I Nengah Adiputra, bahkan tak lama setelah dimutasi menjadi Kapolsek Pancoran, ia pun dimutasi ke Polresta Bekasi Kota, seperti telah di skenario. Ada kesan mendalam di antara mereka.

“Saya sangat terkesan, beliau memang luar biasa, mampu menciptakan suasana akrab dan lebih pada hakikat berbagi, bisa merangkul semua anggota dengan baik dan sangat bijaksana,”urainya. Saat itu Polsek Bekasi Selatan sempat menjadi Juara 1 dalam Kompetisi Tingkat Kebersihan dan yang lainnya, kalahkan tujuh (7) polsek di jajaran Polresta Bekasi Kota, dinobatkan sebagai polsek terbersih dan harmonis.

Suasana harmonisasi dikala Kompol  I Nengah Adiputra, selain majalah Polsek Bekasi Selatan rutin terbit bertajuk “Komitmen,” radio Polmas Pekayon Jaya juga gemerlap dengan inovasi RA Noes Sritantri S, semarak on air membahana di udara. Pokdar Kamtibmas dan mitra mitra binaan Polsek Bekasi Selatan pun tampak meriung dalam bingkai kekeluargaan. Wajar jika dominan personil Bekasi Selatan hingga saat ini masih merindukan sosoknya. (Tejo Nagasakti)