Diduga Akibat Konsleting Listrik, Si Jago Merah Hanguskan Gedung SDM Polda Jateng

0
81
Polda Jateng

BERITA SEMARANG – Si Jago merah melahap Markas Polda Jawa Tengah, di Jalan Pahlawan, Semarang. Besarnya api menyebabkan atap bangunan yang menaungi salah satu gedung tersebut menjadi ambruk.

Peristiwa terjadi pada Rabu (30/9/2015) sekitar pukul 11.00 WIB. Menurut saksi mata (A) mengatakan api melalap atap bangunan yang ada di tengah Polda Jateng yang berlantai 3. Gedung yang terbakar tersebut diketahui adalah gedung SDM Polda Jateng yang meliputi bagian intel, keuangan, dan Rena.

Sementara puluhan mobil pemadam datang dan pergi terus berupaya memadamkan kebakaran yang hampir menghabiskan gedung SDM. Tampak personel terlihat sibuk mengatur lalu lintas, ada juga beberapa personel yang turut membantu petugas pemadam kebakaran.

Kebakaran di Mapolda Jateng tidak hanya melahap gedung SDM , namun juga aula yang terletak bergandengan dengan gedung SDM hangus terbakar. Bahkan saat peristiwa terjadi, aula yang kini hangus terbakar tersebut sedang digunakan untuk rapat dan masih ada beberapa anggota polisi.

Peristiwa terjadi pukul 11.00 WIB siang ketika aula sedang digunakan untuk rapat koordinasi PID. Aula terletak sepanjang jembatan penghubung antara gedung A dan B menghadap ke arah Selatan. Lokasinya tidak jauh dari kantor Kapolda Jateng yang ada di lantai dua gedung A.

Salah satu anggota Polwan yang enggan disebutkan namanya mengatakan saat peristiwa terjadi dirinya dan sejumlah polisi masih berada di ruangan dan mendengar suara kayu terbakar di langit-langit. Mereka langsung keluar dan melihat asap mengepul di sekitar.

Saat itu juga rapat yang sedang berlangsung dibubarkan. Mereka berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri.

Sementara Kapolda Jateng, Irjen Pol Nur Ali mengatakan kebakaran yang menghanguskan salah satu gedung Mapolda Jateng diduga diakibatkan karena korsleting listrik. Namun hal itu belum bisa dipastikan karena perlu penyelidikan dari Labfor.

“Langkah utama adalah pemadaman. Selanjutnya kita akan lakukan penyelidikan,” kata Nur Ali, di Mapolda Jateng.

Sementara itu Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Musyafak menuturkan, ketika kejadian dirinya berada di gedung B yang hangus terbakar. Saat itu ia sedang memimpin rapat. Ia menduga korsleting listrik jadi penyebabnya.

“Ini baru dugaan, karena korsleting listrik. Saya kebetulan memimpin rapat di lantai dua. Sekitar 2 menit kemudian ada suara krasak-krasak di eternit. Ternyata di luar¬† ada api, rapat langsung saya bubarkan,” ujar Musyafak.

Menurut informasi, api berasal dari lantai tiga gedung B dan merambat ke ruangan lainnya. Aula yang sebelumnya juga digunakan untuk rapat ikut hangus terbakar.

Kabid Operasional dan Pengendalian Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang, Sumarsono mengatakan api berhasil dipadamkan 30 unit pemadam yang dikerahkan termasuk bantuan dari daerah lain.

Dari peristiwa tersebut, puluhan tahanan titipan yang ada di Polda Jateng untuk sementara harus diungsikan ke tempat yang lebih aman.  Mengingat tempat tahanan berada di komplek kebakaran. Para tahanan yang berada di ruang tahanan Mapolda Jateng digiring menuju masjid di dekat lokasi kebakaran.

Nampak beberapa tahanan wanita dicampur bersama tahanan pria dalam ruang tengah masjid. Mereka semua tidak mengenakan borgol, mengingat situasi yang sedang kacau. Meski begitu, puluhan aparat kepolisian menjaga ketat dengan membentuk barisan lingkaran mengelilingi para tahanan.

Selanjutnya para tahanan digiring menuju bus Kepolisian untuk dititipkan ke tempat yang aman. Sebagian mereka dibawa dan dititipkan ke tahanan Polrestabes Semarang, sebagian lagi ke Polsek-Polsek Semarang. (Nining).