Program Steps 4Life, 19 Trainer Internasional Ikuti Pelatihan Pendidikan Non-formal

0
14

BERITA SEMARANG – International Initiatives for Cooperation Bulgaria bekerjasama dengan Indonesia International Work Camp (IIWC) menggelar program Steps4 Life yang merupakan program pelatihan pada 19 peserta.

Pelatihan tentang pendidikan nonformal berjalan tersebut berlangsung 1 Oktober hingga 11 Oktober 2015 besok di kampus Universitas PGRI Semarang (UPGRIS). UPGRIS dipilih sebagai tempat pelaksanaan karena para lulusannya kebanyakan berorientasi sebagai pengajar, sehingga akan mampu menerapkan pada anak didiknya kelak.

Pelaksana dan IIWC PKBI Jateng, Dania Moehas menyampaikan, mereka (para peserta pelatihan) juga menyempatkan untuk berkunjung ke Dinas Pendidikan untuk bertukar pengalaman dan memberikan rekomendasi-rekomendasi.

“Kami berharap Dinas Pendidikan juga memperhatikan komunitas-komunitas seperti ini dan bertukar informasi,” kata Dania di Semarang, Sabtu (10/10/2015).

Menurutnya efektivitas pendidikan nonformal bisa disisipkan ke pendidikan formal. Seperti pada pendidikan formal tidak ada materi Kesehatan Reproduksi. Namun akan lebih menarik apabila materi ini dimasukkan ke pendidikan formal dengan metode nonformal.

Sementara mereka yang terlibat dalam proyek tersebut adalah peserta dari Bulgaria, Filipina, Nepal, Uganda, Meksiko dan Indonesia. Diharapkan, para trainer ini nantinya bisa kembali ke negara masing-masing untuk menularkan ilmunya untuk diterapkan.

Salah satu peserta pelatihan dari Uganda, Allen Tush Naturinda mengatakan, pelatihan mengenai pendidikan nonformal ini sangat penting karena dapat mempermudah dalam menerima materi yang disampaikan.

Apabila hanya menggunakan metode formal, lanjut dia, pasti hanya akan diberi teorinya saja, tetapi jika menggunakan nonformal akan lebih mudah dan asyik. (Nining)