Proyek Rusak Irigasi Sawah Petani, Babinsa Kodim Ngawi Lakukan Peninjauan

0
55

BERITA NGAWIProyek pembangunan jalan tol yang mulai mengusik area persawahan, tampaknya menjadikan aparat TNI Kodim Ngawi mulai geram. Pasalnya, proyek pembangunan jalan tol yang terletak di Dusun Losari Timur, Desa Kedungharjo, Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi itu, disinyalir telah merusak saluran irigasi di area persawahan milik petani.

Dengan adanya kejadian itu, Personel Babinsa Kodim Ngawi segera melakukan pemantauan terhadap proyek pengerjaan tersebut. Babinsa Koramil Mantingan, Pelda Sukadi mengatakan, pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan dengan PT.Waskita selaku kontraktor pembangunan jalan itu.

IMG_2966Sukadi menambahkan, beberapa petani yang memiliki sawah di daerah itu merasa terganggung dengan adanya pengerjaan proyek milik PT.Waskita tersebut. Ia menjelaskan, selain menghambat/merusak saluran irigasi milik petani. Hal itu juga bisa menghambat peningkatan program swasembada pangan di wilayahnya.

“Petani mulai mengeluarkan keluhan-keluhan. Akan tetapi, personel TNI disini tidak akan diam dengan keluhan-keluhan petani yang disebabkan oleh proyek pembangunan itu,” kata Sukadi.

Selain itu. Rozikin, salah satu petani yang memiliki sawah di area proyek tersebut juga mengatakan, beberapa hari ini, ia bersama petani lainnya kesulitan untuk mendapatkan air. ia menambahkan, dengan kerusakan di area irigasi tersebut, membuat para petani sekitar mulai resah.

“Beberapa hari ini kami kebingungan. Bagaimana tidak?, saluran irigasi yang biasanya mengairi area persawahan kami rusak gara-gara proyek itu,” ungkap Rozikin.

Hingga saat ini, para babinsa Kodim Ngawi telah berupaya untuk mencarikan solusi terkait saluran irigasi yang rusak akibat proyek milik PT Waskita tersebut, sehingga para petani bisa melanjutkan aktifitas bercocok tanam seperti hari-hari biasanya. (@hod)