Jalur Favorit, Operasi Zebra 2015 di Jalan KH. Noer Ali Kalimalang Banyak Jaring Pelanggaran

0
65

BERITA BEKASI – Operasi Zebra 2015 yang digelar sejak Kamis (22/10) lalu dan akan berakhir pada Rabu (4/11), hingga Rabu (28/10/2015) telah menjaring banyak pelanggaran. Instruksi setiap Polsek di jajaran Polresta Bekasi Kota untuk melaksanakan Operasi Zebra 2015 dengan sasaran operasi kendaraan roda dua dan roda empat serta para penggua jalan yang melakukan pelanggaran lalu lintas.  

Kepada Beritaekspres.com, Kanit Lantas Polsek Bekasi Selatan, Aiptu Nurmanto, menyatakan bahwa sasaran operasi Zebra 2015 adalah menindak angkutan umum yang melanggar aturan dalam etika berlalu lintas, kendaraan roda dua dan angkutan umum yang tidak memiliki kelengkapan surat-surat kelengkapan dalam berkendaraan serta menindak angkot yang ngetem dan menurunkan penumpang di sembarang tempat.

“Tujuan pokok dalam Operasi Zebra 2015 ini adalah agar terciptanya situasi lalu lintas yang aman tertib dan aman pada lokasi rawan laka pelanggaran dan kemacetan, serta meningkatnya ketertiban dan kepatuhan serta kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas,” jelas Aiptu Nurmanto, Polantas asal Pekalongan, Jawa Tengah saat dimintai keterangan.IMG_9967

“Sasaran utama dalam operasi ini semua jenis kendaraan, terutama sasaran angkutan umum di mana pelanggaran menaikkan dan menurunkan penumpang tidak pada tempatnya serta ngetem/parkir di sembarang tempat, serta yang ketiga pengendara yang melawan arus.”

Ditandaskan lebih lanjut oleh Aiptu Nurmanto saat ditemui di kolong JOR Caman, Jl. KH Noer Ali, Kalimalang pada Rabu (28/10) bahwasanya dominan pelanggaran untuk roda dua yang mereka lakukan kelengkapan surat-surat dalam berkendaraan, terutama spion, helm, surat surat. Yang paling banyak pelanggaran tidak menyalakan lampu, karena aturannya meski pada siang hari lampu harus dinyalakan.

Operasi Zebra 2015 khusus untuk meningkatkan terciptanya berdisiplin lalu lintas khusus pengendara, kalau ada curas, curat itu operasi patuh dan bisa semuanya, tapi operasi kali ini khusus lalu lintas dan tidak sampai memeriksa ke dalam, hanya surat-surat kelengkapan saja.

Untuk polsek berkasi selatan di yanga banyak penaggaran yang ditaegetkan seasuai dengan aturan pimpina itu wilayah kalaimalang jalan norer ali banyak melawan arus penggaran pelanggaran bisa terjadinya kecelakaan, terus jalan raya pekayon raya banyak pengendara kurang disisplin akren amungkin dekat pemukimana, sebagin besar malah tidak pakai helm.IMG_9987

Himbauan kepada masyarakat, kita telah sosialisasikan terutama supaya berdisiplin lalu lintas untuk menciptakan disiplin lalu lintas mengurangi pelanggaran kemacetan dan kecelakaan. Data kecelakaan lalin tahun 2013 kendaraan roda dua sebanyak 32.497, sedang roda empat sebanyak 18.730. Tahun 2014 kendaraan roda dua menurun menjadi 18.285, sedang roda empat malah meningkat jadi 37.308. Pada tahun 2015 masih belum bisa ditotal. “Ini bulan yang sudah berjalan dan ke depan masih ada bulan yang belum rekap semua,”timpalnya.

Dalam sasaran Operasi Zebra 2015, Polsek Bekasi Selatan kerap menggelar operasi di Kawasan Kalimalang, seperti di depan masjid Al Azhar tak jauh dari kampus Gunadarma Kalimalang, kolong jor Caman dan di depan Pintu Gerbang Grand Galaxy City, Jl. Raya Pekayon-Jatiasih.

Dalam Operasi Zebra 2015 selama beberapa hari saja telah menjaring dan menahan ratusan STNK, puluhan SIM, dan menahan beberapa kendaraan roda dua. Adapun kendaraan roda dua tersebut tidak memiliki semua kelengkapan termasuk di antaranya pajak dan STNK-nya telah mati alias motor bodong sehingga harus ditahan. (Tejo Nagasakti)