Bermacam Vendor, Google Ingin Merancang Chipset Sendiri Untuk Perangkat Android

0
60

SEPERTI yang kita ketahui, Google saat ini merupakan penguasa jagat dunia mobile melalui sistem operasi Android miliknya. Saat ini, perangkat yang menggunakan sistem operasi Android menduduki posisi tertinggi dengan bermacam-macam vendor dibaliknya.

Namun Google nampaknya belum puas menguasai dunia mobile dengan sistem operasi mobile saja. Ada banyak perbedaan antara Android dan iOS, sistem operasi Android didukung oleh banyak penyedia prosesor seperti Qualcomm, MediaTek, bahkan Samsung, sedangkan untuk iOS didukung dengan hardware rancangan Apple sendiri. Masalah utama yang dihadapi Android adalah adanya fragmentasi, dan Google dikabarkan akan meniru Apple dalam hal ini.

Rumor ini pertama kali dikabarkan oleh The Information, yang megatakan bahwa Google akan bertemu dengan perusahaan produsen chip untuk membicarakan rencana pembuatan chip rancangan Google. Pembicaraan tersebut rencananya berlangsung pada musim gugur ini, namun tidak diketahui dengan siapa Google akan mengadakan pembicaraan untuk merancang chip besutannya.

Selain itu, tujuan Google berencana merangcang chip untuk Andorid agar mereka dapat menerapkan berbagai fitur-fitur menarik di dalamnya. Fitur yang akan ditambahkan seperti Augmented dan virtual reality serta fitur lainnya yang dapat dimanfaatkan dari kolaborasi antara hardware dan software yang sangat erat.

Rencana Google ini memang harus ditunggu realisasinya, entah berita tersebut benar atau tidak, namun dampak positifnya perangkat Android akan semakin optimal kinerjanya. Mungkin ada yang beranggapan bahwa rencana Google ini akan mematikan bisnis manufaktur dari produsen chipset, namun bisa saja rencanya Google merancang chipset sendiri dapat dijadikan sebagai refrensi bagi para manufaktur chip agar dapat membuat chip yang bisa lebih dekat dengan sistem operasi Android.

(rez)