Gelar Pembinaan Komunikasi Sosial, Koramil Kota Bangkalan Gandeng Berbagai Instansi

0
48

BERITA BANGKALAN Guna ikut menyukseskan program pemerintah berupa ketahanan pangan serta program KB, Koramil 01/Kota, jajaran Kodim 0829/Bangkalan melaksanakan pembinaan komunikasi sosial (komsos) dengan menggandeng beberapa instansi terkait seperti Muspika, Dinkes, UPTD dan PPL. Kegiatan komsos dilaksanakan di Balai Desa Demangan Kecamatan Kota, Kabupaten Bangkalan,  Jum’at (20/11/2015).

Kegiatan ini dimaksudkan agar terjalin kerja sama antara TNI, Polri dan Kementerian Pertanian serta kesehatan guna menyukseskan program pemerintah swasembada pangan target tahun 2017 dan juga pelaksanaan program KB.

Danramil 01/Kota Kapten Infanteri Muhammad Hariyanto mengatakan, untuk menyukseskan programnya pemerintah harus dibantu semua elemen, termasuk tentara pun harus ambil bagian. Sebagai tentara milik rakyat, harus bisa ikut memberdayakan SDM nya dengan terjun ke lapangan untuk mendukung program KB dan ketahanan pangan.

”Banyak yang bisa dikerjasamakan dengan TNI, seperti program KB mungkin dari kami bisa ikut menyosialisasikan kepada warga desa di pelosok-pelosok agar tidak terjadi peledakan jumlah penduduk. Atau ketahanan pangan Babinsa kami bahkan telah diajari teknis tentang pertanian,” ujarnya.

Pada kegiatan tersebut, perwakilan masyarakat diberikan pemahaman tentang pentingnya program KB. Selama ini masih ada warga yang belum paham tentang pentingnya KB bagi pribadi, kehidupan rumah tangga, maupun sosial masyarakat berbangsa dan bernegara.

Lalu untuk ketahanan pangan, kini digiatkan pula cara bercocok tanam yang baik dan benar sesuai ilmu pertanian, khususnya pengolahan tanaman padi, jagung dan kedelai. Pemerintah sendiri telah menargetkan swasembada pangan tahun 2017. (@hod)