Festival Kali Bekasi 2015, Wawali Ajak Masyarakat Tingkatkan Kecintaan Terhadap Kali Bekasi

0
42

BERITA BEKASI – Wakil Walikota Bekasi, H. Ahmad Syaikhu mengajak masyarakat Kota Bekasi untuk meningkatkan kecintaannya terhadap kali Bekasi dalam agenda “Festival Kali bekasi 2015” di Bendung Kali Bekasi, Jumat (27/11/2015).

“Festival kali bekasi ini adalah untuk kita lebih cinta lagi dengan apa yg kita miliki, yaitu Kali Bekasi. Mudah-mudahan event ini menjadikan kali semakin bersih dan meningkatkan kecintaan kita terhadap Kali Bekasi. Saya menghimbau seluruh masyarakat semua untuk meriahkan festival ini,” ujar Syaikhu saat memberikan sambutan.

Di acaranya festival kali Bekasi ini, Ahmad Syaikhu bersama Sekretaris Daerah (Sekda) dan para kepala SKPD Kota Bekasi menyusuri kali Bekasi sepanjang Cipendawa hingga Bendungan Prisdo di RW 1 untuk memantau kebersihan di Kali Bekasi.

20151127_100612(0)“Sepanjang kali banyak sampah yang katanya BPLH sudah di bersihkan hanya terus datang lagi. Hampir rata-rata sampah dari bekas-bekas pohon tumbang juga bambu yang menghalangi. Konon ini berasal dari hulu yang ketika hujan terbawa sampai ke Kota Bekasi,” Papar dia.

Syaikhu pun tak lupa mengingatkan warga Bekasi untuk senantiasa menjaga kebersihan Kali Bekasi. Disamping itu ia juga mengingatkan akan sejarah kali bekasi dan betapa masyarakat bekasi dahulunya sangat menjaga kebersihan Kali Bekasi.

Ia pun erharap dalam memelihara Kali Bekasi menjadi perhatian kita semua. Dengan acara Festival Kali Bekasi menurutnya meningkatkam kepedulian dan kesadaran akan pentingnya arti sungai air sebagai sumber kehidupan.

“Kita sama-sama mengetahui dari sejarah bahwa pada masa kerajaan Tarumanegara, Kali Bekasi menjadi arus ekonomi dan mengairi sawah yang produktivitasnya sangat luar biasa tinggi. Kita sangat berharap kali ini bisa dijaga sebaik-baiknya seperti orang dulu,” paparnya.

“Ini menjadi perhatian kita semua. Pelihara dan jaga lingkungan Kali sebagai sumber air baku sehingga lebih sehat dan dinikmati kita dimasa sekarang dan akan datang,” ucap Ahmad Syaikhu.

20151127_100612(0) Dulu, lanjut Syaikhu, sempat ada mitos bahwa Kali Bekasi dijaga oleh buaya bunting, sehingga kalau mau buang takut kualat.

“Rasa takut itu sudah hilang  dari masyarakat kita, sehingga jadi budaya membuang sampah sembarangan di sekitar kali,”

Dalam Festival Kali Bekasi ini pula, diadakan lomba perahu karet, lomba 3R serta lomba poster kali bekasi yang diikuti oleh para siswa sekolah.

“Mari sama-sama kita jaga dan lestarikan kali bekasi dari tumpukan sampah dan limbah,” tutup Syaikhu.

Usai melepas lomba perahu karet antara Tim Kecamatan Pondok Gede dengan BPLH Kota Bekasi, Wawali Ahmad Syaikhu juga ikut serta dalam lomba perahu karet.  Ia dibantu para stafnya dan di babak pertama, Tim Wawali berhasil finish lebih cepat dari tim dari Satpol PP.  (Goeng/Ndi)