Laptop Xiaomi Bakal Meluncur Kuartal Kedua 2016, Tetap Murah Meski Usung Body Metal

0
77
xiaomi-notebook-pc-leak

XIAOMI merupakan perusahaan asal Tiongkok yang terkenal dengan produk murahnya namun tetap mengedepankan kualitas, sehingga meski murah produknya tidak abal-abal. Setelah meraih sukses di pasar smartphone, perusahaan yang identik dengan warna oranye ini dikabarkan segera mengekspansi bisnisnya ke pasar laptop.

Sebelumnya kita juga telah mendengar bahwa Xiaomi akan membuat produk laptop semenjak beberapa bulan yang lalu, namun informasi kali ini membeberkan tentang tahap awal laptop Xiaomi yang akan dimulai pada awal tahun 2016. Informasi ini sendiri bersumber dari pemasok komponen laptop yang akan segera mulai menggarap laptop tersebut.

Seperti yang diwartakan Gizmo China, Rabu (2/12/2015), Xiaomi akan mulai masuk ke tahap produksi pada awal tahun 2016 dan akan segera merilis laptopnya tersebut pada kuartal kedua tahun 2016. Namun tanggal pastinya belum diketahui hinga sekarang.

Pada laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa Xiaomi akan menggunakan material metal untuk membalut laptopnya. Meski mengusung body yang terbuat dari metal, namun Xiaomi akan tetap pada tradisi mereka dengan mematok harga yang terjangkau. Hal ini juga bertujuan untuk memikat para konsumen di segmen menengah kewahan yang tak sedikit jumlahnya.

Laptop dari Xiaomi ini juga disinyalir akan menjalankan sistem operasi Linux yang merupakan OS open source yang tidak menggunakan lisensi berbayar. Terlepas dari itu semua, hingga saat ini belum diketahui informasi mengenai spesifikasi dari laptop buatan Xiaomi ini.

Selain Xiaomi, kompetitor dari negara yang sama, Huawei juga dikabarkan tengah menggarap produk laptop yang ditujukan bagi kalangan profesional atau pebisnis. Kabarnya, laptop Huawei itu akan memiliki brand Matebook. Sama seperti Huawei Mate 8 yang menggunakan chip buatan mereka sendiri, Kirin 950, Huawei Matebook juga dikabarkan akan menggunakan chip buatan mereka sendiri. Selain chip buatan sendiri, laptop garapan Huawei ini juga akan menggunakan solid state drive (SSD) yang memang terkesan ditujukan untuk kalangan profesional.

(rez)