Sambut Musim Tanam, Babinsa Socah dan Petani Kompak Bersihkan Saluran Irigasi

0
107

BERITA BANGKALANMemasuki musim hujan tahun ini, sejumlah TNI dan petani di Kabupaten Bangkalan terus membenahi saluran air yang mengalir ke area persawahan. Hal itu dilakukan untuk memperlancar saluran irigasi pada masa tanam padi awal Desember 2015 ini.

Seperti yang dikerjakan puluhan petani di Desa Bilaporah, Kecamatan Socah, Sabtu (19/12/2015).

Bersama sejumlah anggota Koramil 0829/02 Socah jajaran Kodim 0829/Bangkalan dan penyuluh pertanian setempat, para petani tersebut membersihkan saluran air sepanjang 500 meter yang mengairi lahan seluas 80 hektar.

Ketua kelompok Tani Makmur, Toha mengatakan, saluran air merupakan urat nadi bagi petani untuk mengairi tanaman di sawah, sehingga perlu dirawat kebersihannya.

“Karena hal tersebut akan lebih memaksimalkan pengairan kelahan-lahan pertanian,” katanya.

Komandan Rayon Militer Kecamatan Socah, Lettu Kav Imam Ghazali menuturkan, anggota Babinsa selalu siap mendampingi setiap aktifitas petani untuk meningkatkan produktifitas tanamannya, terutama pada musin tanam padi tahun ini.

Menurutnya, meski petani telah berpengalaman dalam bercocok tanam, namun masih perlu sentuhan-sentuhan teknis dan pola perawatan yang lebih baik lagi melaui dampingan Babinsa maupun petugas penyuluh pertanian agar kualitas hasil panen tetap terjaga.

“Jadi pendampingan ini intinya mengajak petani untuk melakukan pengolahan lahan, perawatan tanaman hingga perawatan teknis pengairan dan lain-lainnya sehingga lebih baik lagi, tentunya untuk meningkatkan hasil pertaniannya,” papar Imam Ghazali.  (Red)