Ditunjuk Sebagai PLH, Assisten II Pemkot Manado Siap Benahi PD Pasar

0
191
Usulu

MANADO  Menanggapi sejumlah keluhan pegawai Perusahan Daerah (PD) Pasar, Asisten II Pemkot Manado yang ditunjuk sebagai Plh Direktur Utama PD Pasar Manado pastikan THR akan dibayarkan dengan selang waktu dua hari kedepan. Hal ini juga memang masih terhalang dengan masalah keuangan Perusahan dimana dua bulan gaji pegawai juga belum terbayarkan. 

“Dapat kami pastikan pembayarannya akan melalu pihak ketiga, dan semua sudah kami laporkan kepada Walikota. PD pasar punya utang jadi harus dibayarkan, kami tidak tahu berapa angka utang sisa selama dua tahun. Namun sudah melakukan perjanjian dengan Bank yang menjadi pihak ketiga dengan sistem pinjaman,” ujar Usulu kepada Beritaekspres.com, Rabu (23/12/2015)

Menurut dia PD pasar merupakan sumber PAD terbesar di dalam Kota dengan nilai pendapatan perbulan sekitar Rp.900 juta. Meski demikian ia juga tidak menyembunyikan kekurangan yang terjadi dimana dana sekitar Rp700 juta adalah gaji rutin untuk seluruh petugas PD Pasar Sekota Manado.

“Memang selama ini nihil kas Daerah Kosong, jadi kami akan meningkatkan pertumbuhan pasar dengan cara melakukan terobosan terobosan baru. Yang disampaikan oleh walikota lebih ke penataan jalan menuju daerah pasar yang sudah rusak, kami sudah menyediakan empat truk sirtu untuk menanggulangi sementara jalan yang rusak,” lanjut Usulu.

Selain itu juga, Usulu menghimbau kepada para pedagang agar menjelang Natal dan Tahun Baru untuk tidak  menaikan harga sepihak.

“Kami sudah turun bersama dengan pak Pjb Walikota, Royke Roring untuk memantau sejumlah bahan pokok, mulai dari harga, sampai dengan ketersediaannya. Jika ada yang curang maka ada sangsinya, bahkan sampai dengan penutupan lapak,” tukas Usulu.

Usulu pastikan kenaikan harga tidak akan terjadi dimana ia sudah menempatkan para petugas dengan efektif sehingga tidak akan terjadi kecurangan. Ia juga akan menyidak jika nantinya ada Petugas PD Pasar yang sengaja menguasai atau memiliki lapak.

“Memang saya sudah dengar informasi tersebut namun masih samar-samar, tapi yang jelas kami akan menyelidiki hal tersebut sebab sudah menyalahi aturan,” ujarnya.

Menurut dia penagihan bea pasar akan dimaksimalkan kemudian mengenai biaya sesuai dengan retribusi yang berlaku. Ia sendiri berharap jika terjadi penagihan secara keliru atau melebihkan harga maka segera melapor ke PD Pasar langsung untuk diberikan tindakan.

“Yah kami siap menindak petugas nakal, yang jelas PD Pasar butuh perubahan baik dalam diri ataupun penampilannya,” pungkasnya. (Subhan)