Walikota Bekasi: Retribusi dan Pajak, Sumber Pembangunan Daerah

0
58
DR. Rahmat Effendi

BERITA BEKASI – Pemerintah Kota Bekasi tengah merencankan perbaikan dan penambahan fasilitas yang selama ini belum tersedia di ruang publik. Menurut Walikota Bekasi, DR. Rahmat Effendi, perencanaan tersebut memang tugas dan kewajiban dari setiap Pemerintah Daerah. Oleh itu setiap retribusi dan pajak yang dibayarkan masyarakat turut membantu dalam percepatan pencapaian pembangunan yang di canangkan oleh Pemerintah.

“Di Negara maju manapun, retribusi dan pajak adalah bagian yang paling fital dalam membangun Negara. Dari retribusi dan pajak itulah segala pembangunan akan tercapai,” ujar Walikota kepada Beritaekspres.com melalui telepon selulernya, Minggu (31/1/2016).

Pemerintah Kota Bekasi saat ini  tengah melakukan perbaikan-perbaikan untuk menopang kenyamanan masyarakat, seperti pelayanan, ruang publik dan fasilitas yang dapat mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Ya kalau kita sudah perbaiki, kita tambah fasilitas-fasilitas yang belum tersedia di ruang publik, tolong di jaga, dan mengikuti peraturan yang Pemerintah buat. Selain itu mereka yang berkunjung juga harus ada kontribusinya untuk pembangunan,” pesan Walikota.

Tahapan perbaikan-perbaikan tersebut tengah dicanangkan Pemerintah Kota Bekasi terkait titik-titik yang dapat menghasilkan PAD, yang salah satunya adalah potensi PAD dari hasil Parkir.

“Kalau titik-titik itu sudah ada, kita bisa merevisi pendapatan dan berarti kita bisa tetapkan untuk pencapaian target di APBD. Tetapi tidak sesederhana itu, butuh proses. Jika semakin tinggi pendapatan itu, mungkin ada tempat-tempat lain yang akan kita sediakan fasilitasnya, dan saat ini kita masih dalam tahap-tahap perbaikan,” terangnya.

Sementara, melihat potensi PAD yang di dapat dari Parkir Meter, Walikota Bekasi mengatakan retribusi parkir dari hasil Parkir Meter begitu sangat signifikan untuk Pemerintah Kota Bekasi, “Alhamdulillah PAD dari parkir meter dari Agustus sampai Desember 2015 ada potensi kenaikan yang terlihat sangat tinggi,” tutupnya. (M.Alfi)