Ratusan Buruh “Longmarch” Menuju Istana Presiden

0
64

BERITA JAKARTA – Ribuan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) sudah mulai berdatangan dan “Longmarch” dari Patung Kuda Jakarta ke Istana. Mereka berjalan sambil bergandengan tangan diantaranya, datang dari daerah, Bogor, Karawang, Bekasi dan Tangerang.

Buruh mulai Longmarch ke Istana sekitar pukul 11.40 WIB dan mengambil seluruh badan jalan dari Patung Kuda ke Istana. Hanya jalur busway yang tidak mereka ambil, sehingga bus Transjakarta normal beroperasi. Lagu mars dari mobil Komando FSPMI mengiringi perjalanan mereka. 

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Hendro Pandowo mengatakan, buruh akan berkumpul di sekitaran patung kuda dan melanjutkan perjalanan ke Istana Negara.

9694b65d-42e0-4179-9097-750f492c7771“Mereka (buruh) akan jalan kaki menuju Istana Negara lalu ke MA (Mahkamah Agung),” ujar Kombes Hendro Pandowo kepada wartawan, Sabtu (6/2/2016).

Ia menambahkan, pihaknya akan menurunkan 3006 petugas untuk bersiaga di depan Istana Negara dan MA. Diharapkan, dalam unjuk rasa tersebut sesusai prosedur dan tidak menimbulkan kerusuhan.

“Total ada 3006 personel gabungan dari TNI dan Polri dan Satpol PP. Polres dan Polsek,” tandasnya.

Pantauan dilokasi, aksi buruh dijaga oleh puluhan polisi. Polisi berjaga di pinggir jalan dan mengalihkan kendaraan ke Jalan Juanda, Pasar Baru, Gunung Sahari, Merdeka Timur dan Lapangan Banteng. 

Dalam aksinya, buruh berdemo dalam rangka HUT-17 FSPMI. Dari Istana mereka akan meminta Presiden Jokowi mencabut PP No. 78/2015 tentang Pengupahan yang dinilai merugikan buruh. Setelah dari Istana, buruh akan menghadiri Kongres V FSPMI di Sport Mall Kelapa Gading.  (Red)