Ahok Tegaskan Tak Ada Ganti Rugi Penertiban Kalijodo

0
77
Ahok

BERITA JAKARTAGubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama memastikan tidak akan memberikan uang ganti rugi dari penertiban dan penutupan kawasan Kalijodo ke depan.

Hal yang masih memungkinkan untuk diberikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta adalah unit rumah susun bagi warga DKI Jakarta.

“Kita penertiban enggak mau kasih uang, paling kita kasih Rusun. Kalau kasih uang ganti-ganti uang kerahiman gitu itu yang membuat orang tambah manja,” kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Sabtu (13/2/2016).

Diakui Ahok, rencana penertiban dan penutupan kawasan Kalijodo sudah mulai dibicarakan oleh Pemprov DKI Jakarta bersama Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya. “Pemerintah Kota Jakarta Utara telah mengeluarkan surat edaran perihal informasi penertiban dan penutupan Kalijodo,” tandas Ahok.

Terpisah, Walikota Jakarta Utara, Rustam Effendi membenarkan telah mengeluarkan surat edaran perihal penertiban dan penutupan kawasan Kalijodo per 12 Februari 2016 kemarin.

Surat edaran itu bersifat sosialisasi dan isinya menjelaskan tentang latar belakang penertiban dan apa yang akan dilakukan terhadap warga dan pelaku usaha di sana. Pihaknya berencana menyampaikan surat edaran kepada warga Kalijodo dalam waktu dekat ini.

“Kita akan lihat bagaimana respons warga yang diberikan surat edaran tersebut, baru kita menentukan langkah selanjutnya,” terangnya.

Terkait tersebarnya isu akan adanya perlawanan dari para preman dan warga dikawasan Kalijodo ketika dilakukan penertiban?  

“Kita lihat dulu bagaimana tanggapan mereka. Infonya, sudah pasti ada perlawanan, tapi ini kan info dari lapangan, bisa benar bisa salah. Kita lihat dulu bagaimana nanti,” kata Rustam.

Tahap selanjutnya tambah Rustam, setelah memberikan surat edaran sosialisasi, yaitu surat peringatan SP-1. SP-1 ini memiliki ketetapan waktu yang lebih jelas dan tegas tentang kapan harus dilakukan penertiban.

“Surat edaran itu ditujukan kepada pemilik bangunan, pemilik usaha atau tempat hiburan, dan para pekerja di Kalijodo. Adapun di RW 05, yang termasuk daerah Kalijodo adalah RT 01,03, 04, 05, dan 06.” Tandasnya. (CR-1)