Bupati Jember: Gerakan Beli Produk Lokal Jurus Menghadapi MEA

0
80

BERITA JEMBER – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar Pertemuan Tahunan Pelaku Industri Jasa Keuangan di Aula Pendapa Wahya Wibawa Graha. Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR hadir membuka acara dengan didampingi Kepala Kantor OJK Jember Aidil Chaidir, Senin (29/2/2016).

Pertemuan yang mengambil tema “Mendorong Pertumbuhan Dan Meningkatkan Daya Saing Dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN” tersebut diikuti oleh para pelaku usaha dan pelaku jasa keuangan di wilayah Banyuwangi, Jember, Situbondo, Bondowoso dan Lumajang, Jawa Timur.

Kepala Kantor OJK pada sambutannya menyampaikan bahwa dibutuhkan peran dari berbagai pihak dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. “Mulai dari regulator, pelaku usaha sampai industri jasa keuangan,” tutur Kepala OJK. Kepala OJK juga menyoroti pentingnya keberadaan UMKM. “Bagaimana agar UMKM, pengembangan ekonomi di daerah lebih dapat ditingkatkan”, ujarnya.

Sementara Bupati Jember menekankan tentang kepedulian terhadap produk lokal dalam kehidupan sehari-hari. “Spirit dalam menghadapi MEA harus dimulai dari hal-hal kecil dan lingkungan kita sendiri,” ujar Bupati. “Jangan pernah isi lingkungan kita dengan produk lain selama di wilayah kita masih ada produk kita sendiri,” lanjutnya.

Bupati bahkan mencetuskan gerakan beli produk lokal dalam menghadapi MEA. “Gerakan membeli produk lokal adalah gerakan yang nyata, mudah, bisa dilakukan segera,” tambah Bupati.

Bupati Jember juga berpesan kepada para pelaku jasa keuangan, agar memberikan akses layanan keuangan  dan pendampingan bagi para pelaku UMKM. “Mereka memerlukan pendampingan dan pembinaan sehingga kucuran dana bisa menjadi efektif,” ucapnya. (hum/hen)