Pamer Burung Rp40 Juta, Gaya Lucky Hakim Dikecam Masyarakat

0
33

BERITA BEKASI – Kembali, Anggota DPR-RI, Lucky Hakim mendapat kecaman dari masyarakat. Pasalnya, belum lama ini ia sempat memamerkan burung peliharaannya yang di beli dengan harga sekitar Rp40 Juta.

Wajar saja, jika Lucky yang berasal dari daerah pemilihan Kota Bekasi dan Depok ini, dinilai tidak etis, bila dikaitkan dengan kondisi masyarakat belakangan ini yang sering mempertontonkan gaya hidup yang super wah itu.

Anggota DPR-RI, yang berasal dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga dinilai telah melanggar Undang-Undang Perlindungan Satwa Langka Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

“Lucky harus bisa menunjukan surat ijin memelihara hewan yang dilindungi dan sudah ada aturannya di UU No. 5 tahun 1990,” ujar Ketua Lembaga Bantuan Hukum Indonesia Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (LBH-ICMI) Kota Bekasi, Abdul Chalim Sobri,  Jumat (11/3/2016) kemarin.

Dijelaskannya, pada Pasal 21 ayat 2 yang mengatakan bahwa setiap orang dilarang menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut dan memperniagakan satwa dalam keadaan hidup maupun dalam keadaan mati.  

“Jika terbukti melanggar, kata Chalim, ancamannya adalah penjara paling banyak 5 tahun dengan denda paling banyak Rp100 juta,” tegasnya.

Cahlim juga menyatakan, selain UU No 5 tahun 1990 juga didukung oleh Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 13 Tahun  1994 Tentang Perburuan Satwa Buru.

“Lagian dia itu kan wakil rakyat, seharusnya memberi contoh hidup sederhana, masih banyak masyarakat  yang hidup dibawah garis kemiskinan, buat makan aja susah. Jadi jangan jadi wakil rakyat bila hanya mempertontonkan gaya hidup mubazir,” ketusnya.

Sementara, Sekretaris DPD PAN Kota Bekasi Laode Muhammad Agus hanya menghela nafas panjang terhadap ulah Lucky Hakim, ”Huh, sudah capelah ngingetin dia (Lucky),” ucapnya singkat. (Alfi)