Puluhan Hektar Pohon Mangrove di Semamal Habis Jadi Arang

0
23

BERITA KARIMUN – Puluhan hektar pohon mangrove yang tumbuh subur (bakau) yang berlokasi di Kelurahan Semamal, Kecamatan Meral Barat, Kepulauan Karimun sangat memprihatinkan. Pasalnya tumbuhan yang dilindungi Pemerintah tersebut habis dijadikan arang atau kayu bakar, Senin (21/3/2016).

Informasi yang didapat Beritaekspres.com, hasil penebangan puluhan kubik pohon mangrove dan kayu bakau dengan berbagai macam jenis itu biasa dibawa atau di suplai ke salah satu tempat pengelolaan dapur arang yang terletak di Desa Tanjung Batu Kecil, Kecamatan Buru dengan menggunakan Pompong.

“Penebangan ribuan hektar pohon mangrove dan pohon bakau ini berjalan sudah cukup lama untuk dibawa ke salah satu usaha pengelolaan dapur arang di Tanjung Batu,” ujarnya sumber kepada Beritaekspres.com, Senin (21/3).  

Padahal menurut sumber, berdasarkan UU No. 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan bahwa Mangrove merupakan ekosistem hutan, dan oleh karena itu, maka Pemerintah bertanggung jawab dalam Pengelolaan yang berasaskan Manfaat dan Lestari, Kerakyatan, Keadilan, Kebersamaan, Keterbukaan dan Keterpaduan pada Pasal 2, dalam kaitan yang mana kondisi Mangrove yang rusak.

“Kayu untuk pembuatan arang itu diambil dihutan yang tidak jauh dari sebelah PT. KDH yang berlokasi di Kelurahan Semamal dan kalau ini dibiarkan berkelanjutan terus akan merusak dan menghancurkan hutan mangrove,” ungkapnya.

Ditambahkannya, kegiatan dapur arang dan penebangan pohon mangrove dan pohon bakau saat ini masih terus berlanjut, tanpa ada tindakan tegas dari Pemerintah dan Instansi terkait. “Sampai sekarang penebangan pohon yang dilindungi terus berlanjut dengan bebas tanpa ada ganguan atau teguran dari pihak terkait,” tandas sumber.

Pantauan Beritaekspres.com dilokasi penebangan tampak para pekerja dengan bebas melakukan penebangan pohon mangrove dan kayu bakau hingga menghasilkan puluhan kubik dalam seharinya yang disusun dan dikumpulkan untuk siap dibawa atau di suplai ke pengelolaan dapur arang yang terletak di Tanjung Batu. (Acok)