UIN Walisongo Semarang Luncurkan Bedah Buku Tafsir IJMALI

0
52

BERITA SEMARANG – Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang gelar Peluncuran dan Bedah Buku Tafsir IJMALI karya Prof. Dr.H. Muhibbin,M,Ag  yang lebih condong menggunakan metode tahlili (runtut). Dalam penulisan tafsir tersebut mengacu pada urutan surat yang ada dalam mushaf, mengacu pada turunnya wahyu.

“Kebanyakan di Indonesia menggunakan tafsir ini,” ujar Muhibbin usai peluncuran bukunya di Aula UIN Walisongo Semarang, Senin (4/4/2016).

Tafsir IJMALI ini berisi kajian tentang tafsir Al-Qur’an yang isinya mengupas setiap surat (dari 114 surat) dengan lengkap.

“Kami berharap bisa menambah khasanah ilmu di nusantara dan memotivasi umat Islam untuk senantiasa tadabbur atau mengkaji kandungan-kandungan yang ada dalam setiap surat,” jelasnya.

Namun penafsiran dalam buku ini, lanjutnya, hanya bersifat global dan singkat dengan bahasa yang ringan, supaya mudah dipahami oleh semua lapisan masyarakat.

Menurutnya, dalam penulisan tafsir juga tidak bisa lepas dari wacana dan problema pemikiran yang berkembang di tengah masyarakat, sehingga penafsir atau pembaca dituntut untuk kritis dan mampu membongkar apa yang ada di balik Al-Qur’an atau tafsir tersebut.

Ia berharap hadirnya Tafsir IJMALI ini bisa mendorong bagi para cendekiawan dan para pengkaji ilmu untuk bisa menjadikan sebuah instrument tentang kedinamisan tafsir di Indonesia. (Nining)