Dihadiri Bupati dan DPRD, Pengurus KTNA Mesuji Dikukuhkan

0
74

BERITA MESUJI – Bupati Mesuji, Khamami didampingi Ketua DPRD Kabupaten Mesuji, Fuad Amrulloh menghadiri pengukuhan pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Mesuji masa bhakti 2015-2020. 

Turut hadir pula dalam kesempatan itu, Kepala BP4K, Sri Purwanti, Kepala Dinas Perikanan, Peternakan dan Kelautan, Sawal, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakab Mesuji, Sunardi, dan Camat Simpang Pematang, Abu Rosyid Istomi.

Pengukuhan dilakukan secara langsung oleh Ketua KTNA Provinsi Lampung, Kaslan kepada sebanyak 55 pengurus KTNA Kabupaten Mesuji bertempat di Balai Desa Simpang Pematang, Kecamatan Simpang Pematang, Rabu (20/4/2016).

Pengukuhan tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Nomor 15/KEP/KTNA-LPG/IV/2015 tentang susunan pengurus Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Mesuji masa bhakti 2015-2020.

Adapun untuk Ketua KTNA Kabupaten Mesuji dijabat oleh Iwan Setiawan, Wakil Ketua I Ahmad Sukamto, Wakil Ketua II Sukarto, Sekretaris Nur Rohman, dan Bendahara Tri Astuti.

Bupati Khamami dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para pengurus KTNA masa bhakti 2015-2020 yang sudah dikukuhkan.

Dirinya berharap agar pengurus KTNA dapat mengemban amanah dengan sebaik-baiknya serta diharapkan kerjasamanya untuk ikut bersama-sama membangun Kabupaten Mesuji, khususnya di bidang pertanian perikanan dan perkebunan.

Lanjutnya, yang terpenting KTNA dapat membantu memberikan penyuluhan pemahaman kepada para petani dalam menangani permasalahan para petani di Mesuji yang kerap kali mengalami gagal panen akibat faktor alam maupun faktor human error.

Sebab, hal itu terjadi juga karena kurangnya pemahaman para petani di Mesuji tentang tata cara penggunaan pestisida, herbisida, dan insektisida serta cara pengolahan lahan sesuai PH dan kandungan tanah di Mesuji yang merupakan lahan rawa gambut pasang surut.

“Untuk itu, saya mengajak KTNA untuk bersama-sama mari kita bantu para petani untuk meningkatkan produksi, dan bersatu-padu bersama mewujudkan kesejahteraan bagi petani khususnya di Kabupaten Mesuji yang kita cintai ini,” tandasnya.

Sementara itu, Iwan Setiawan selaku Ketua KTNA yang baru dikukuhkan, mengatakan bahwa dengan kembali terpilihnya dia sebagai ketua KTNA merupakan suatu penghargaan dan amanah untuk kembali melanjutkan semangat perjuangan para petani di Mesuji agar bisa maju dan sejahtera bersama-sama.

Selain itu, dapat bersinergi dengan pemerintah daerah untuk ikut berperan penting dalam setiap program pembangunan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat di bidang pertanian, perkebunan dan perikanan karena KTNA ini lahir dan dibentuk dengan semangat dan rasa empati seluruh petani.

“Pada prinsipnya KTNA siap membantu pemerintah dalam melaksanakan program-program pembangunan di bidang pertanian, perkebunan dan perikanan serta membantu memberikan penyuluhan dan pemahaman kepada petani melalui mitra kerja kita di Pemda, yakni BP4K,” jelasnya.(hum/ich)