Walikota Bekasi Hadir Dalam Pembekalan TAPD APBD 2017

0
12

BERITA BOGOR – Pembukaan Bimbingan Teknis bagi Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD)  tentang teknis perencanaan dan penganggaran dalam penyusunan APBD telah dibuka oleh Walikota Bekasi, Dr. Rahmat Effendi di Hotel Royal Amaroosa, Bogor pada hari Rabu (25/5/2016) kemarin.

Sebagaimana telah diketahui, bahwa penyelenggaraan urusan Pemerintahan Daerah didanai dari beban APBD, sehingga setiap perencanaan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), pencapaiannya sangat tergantung pada keberhasilan proses penyusunan APBD setiap tahunnya. 

Penyusunan APBD harus adanya keseriusan, kecermatan, dan sinegritas dari beberapa aspek, sehingga dokumen perencanaan dan penganggaran yang komprehensif dan akuntabel.

Permasalahan yang dihadapi Pemerintah Daerah dalam penyusunan APBD dimana peningkatan kemampuan keuangan daerah tidak sebanding dengan peningkatan kebutuhan anggaran dalam rangka peningkatan pelayanan dasar pendidikan, penyediaan fasilitas kesehatan, fasilitas sosial, dan fasislitas umum

Melihat dari beratnya tantangan penyusunan APBD kedepan, perlu ditingkatkan standar kompetensi bagi anggota TAPD dan kegiatan pembekalan menjadi satu upaya, agar dapat meningkatkan kualitas penyusunan APBD. (Adv/Ndoet)