Sat Brimob Polda Jateng Siap Amankan Pemudik Kereta Api

0
103

BERITA SEMARANG – Sebanyak 500 personel Sat Brimob Polda Jateng diterjunkan untuk membantu pengamanan arus mudik Lebaran yang menggunakan kereta api. Dalam menjalankan tugasnya mereka dilengkapi peralatan perorangan dengan memakai helm dan body vest level 4, serta senjata api termasuk alat utama dan alat khusus penjinakan bom dan Wanteror

Kepala Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Jateng, AKBP Teguh Triwantoro mengatakan, mereka difokuskan untuk mengantisipasi adanya kriminalitas di area PT. KAI Daop 3,4,5 dan 6.

“Selain menempati Pos Pam, personil juga melaksanakan patroli di sepanjang rel bersama petugas dari PT. KAI. Dan pada kesempatan tertentu mereka juga ikut melaksanakan pengawalan kereta untuk kenyamanan para pemudik,” ungkap Teguh di Semarang, Selasa (28/6/2016).

Menurutnya personil Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Jawa Tengah di setiap penugasan senantiasa memperhatikan S.O.P. dalam tugas sesuai standar petugas dalam pengamanan.

“Semua anggota Gegana telah diuji kemampuannya ketika akan ditugaskan untuk pengamanan, mereka dibekali dengan ilmu beladiri dan penggunaan senjata api,” tandasnya.

Teguh menegaskan, bahwa kedisiplinan anggota dalam bertugas adalah sebagai bentuk kesiapan mengantisipasi apabila situasi aman berubah menjadi situasi insidentil dan kontijensi terkait maraknya aksi teror dan penembakan terhadap anggota Polisi, sehingga petugas di lapangan memerlukan body protector (perlindungan tubuh) ketika jiwanya terancam.

Meskipun situasi nampak kondusif, namun seluruh anggota Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Jateng harus tetap siaga dalam mengamankan para pemudik. (Nining)

Biro Semarang