Semarakan Ramadhan, PT. BSI Banyuwangi Gelar Lomba MTQ

0
15

BERITA BANYUWANGI – Semarakan bulan suci Ramadhan serta melestarikan budaya Islam, PT. Bumi Suksesindo (PT BSI) bersama warga Kecamatan Pesanggaran, gelar lomba hadrah dan MTQ tingkat pelajar se-Kecamatan yang dislenggarakan di Dusun Rejoagung Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran. 

Guna memeriahkan acara tersebut, panitia peserta lomba menyediakan beberapa hadiah yang akan diberikan kepada sang juara.

Peserta sempat membawakan lagu mars NU dengan iringan alat musik rebana (celtik).“Tahun 26 laire NU, Ijo – ijo benderane NU, Gambar jagad simbole NU, Bintang songo lambange NU,” ucap peserta melantunkan syair, Kamis (30/6/2016) kemarin.

Acara tersebut memang diikuti oleh kalangan pelajar. Khususnya yang menjadi santri di TPQ di Kecamatan Pesanggaran. Namun jangan salah, meski masih usia bocah, mereka cukup lihai bernyanyi dan memainkan jenis musik khas Islam tersebut.

Tercatat ratusan pelajar dari sepuluh kelompok hadrah unjuk kemampuan dalam kesempatan ini. Secara bergiliran, mereka berduel menjadi yang terbaik. Dan istimewanya, meski pelaksanaan berada di pedesaan, juri yang dihadirkan tak kalah mentereng dengan kompetisi tingkat nasional.

“Jurinya, selain dari lokal, juga kami datangkan juri vokal dari Jakarta,” ucap Ketua panitia lomba hadrah pelajar, Anwar.salah satu panitia

Untuk kriteria penilaian, lanjutnya, meliputi kekompakan bermusik serta lantunan vokal. Karena ingin menjadi jawara, para peserta mengaku rela berlatih sejak sebulan sebelumnya.

Seperti yang disampaikan Habibi, anggota kelompok hadrah Aswaja Al Habsy, dari Masjid Nurul Huda, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran. “Sejak sebulan lalu kita latihan terus,” ucap penabuh alat musik Celtik ini.

Mereka bisa dibilang masih bocah ingusan tapi performance grup mereka dalam membawakan lagu Rohatil dan Turi Putih, cukup lembut ditelingan.

Sebagai penyemangat, PT BSI dan panitia menyiapkan sejumlah hadiah menarik untuk pemenang lomba hadrah. Salah satunya sebuah speaker aktif. Kenapa speaker aktif?. Karena alat ini akan memiliki manfaat lebih berguna pengembangan bakat seni para pelajar tersebut.

Selain lomba hadrah, PT BSI dan warga Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, juga menggelar lomba tartil Al Quran. Bahkan, lomba ini menyerap peserta sampai 300 lebih peserta. Namun, lagi – lagi, hadiah yang diberikan sengaja yang sinergis dan bermanfaat untuk peningkatan kapasitas.

Rencananya, acara serupa akan kembali digeber pengelola tambanag emas Gunung Tumpang Pitu, bersama warga Kecamatan Pesanggaran, guna menanamkan rasa cinta sejak dini pada budaya mengaji dan seni Islam. (Rony)

Biro Banyuwangi