Idul Fitri, Ganjar Gelar Open House di Luar Semarang

0
74
Heru Sudjatmoko

BERITA SEMARANG – Rencana Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo akan melaksanakan Salat Idul Fitri di Kabupaten Purbalingga. Sementara Wakil Gubernur (Wagub) Jateng, Heru Sudjatmoko akan melaksanakannya di Lapangan Pancasila (Simpanglima) Semarang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Humas Setda Provinsi Jawa Tengah, Sinoeng N Rachmadi usai gelar buka bersama di Puri Gedeh kediaman Gubernur Jateng, Jumat (1/7/2016).

“Sama seperti tahun lalu, Gubernur tidak melakukan Salat Ied di Kota Semarang agar masyarakat di luar Ibukota Provinsi ini dapat bersilaturahmi dengan pemimpin daerahnya,” tutur Sinoeng.

Sinoeng mengatakan, setelah pelaksanaan Salat Ied di Alun-alun Kabupaten Purbalingga, Gubernur akan menggelar open house di kediaman Taufik Ibrahim, Dukuh Karangkalong RT.01/RT07, Desa Baleraksa, Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga.

“Dan esok harinya, Gubernur juga melaksanakan open house di Kabupaten Purworejo, tepatnya di kediaman Ibu Wati, Jalan Kantor Pos Nomor 1 Kutoarjo, agar masyarakat Kutoarjo dan sekitarnya dapat bersilaturahmi dengan Gubernur pada waktu tersebut,” katanya.

Pada hari ketiga Lebaran, lanjut Sinoeng, Gubernur berencana melangsungkan silaturahmi dengan korban bencana alam dan masyarakat di lokasi bencana, Desa Karangrejo, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo.

Meski Lebaran Ganjar tidak berada di Semarang, namun masyarakat Kota Semarang tetap bisa bersilaturahmi dengan Gubernur dan wakilnya di Gradika Bhakti Praja pada Senin (11/7).

Diketahui, dalam waktu dekat ini Gubernur dan Wagub juga akan menyerahkan zakat kepada pengurus Masjid Agung Jateng dan Masjid Baiturahman Semarang, yang langsung dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

Sebelumnya, Badan Amil Zakat Infak dan Sadaqah (Baznas) Jateng telah membagikan zakat, infak, dan sadaqah senilai Rp 1.819.500.000. Dana disalurkan berupa uang untuk fakir miskin, modal usaha bagi lembaga, serta beasiswa untuk pelajar.

Selain itu, juga diserahkan zakat dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Setda Provinsi Jateng sejumlah Rp646.500.000 kepada penerima zakat di lingkup Setda, Setwan, Satpol PP, dan Kantor Perwakilan, seperti, tenaga kebersihan, tukang taman, tenaga non PNS sebanyak 373 orang, serta keluarga kurang mampu di lingkungan tempat tinggal pegawai Setda, Setwan, dan Kantor Perwakilan sebanyak 920 orang. (Nining)