Diselimuti Mendung, Lebaran di Kepulauan Selayar Berjalan Khidmat

0
101

BERITA SULAWESI – Pelaksanaan shalat Idul Fitri 1437 H di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan yang dipusatkan di area Lapangan Pemuda Benteng berlangsung khusyu tanpa sedikitpun tercerai oleh insident kejadian.

Ratusan Ummat Muslim tumpah ruah memadati Lapangan Pemuda Benteng dan beberapa ruas-ruas jalan di sekitarnya. Jumlah pemudik dari luar Kabupaten Kepulauan Selayar yang meningkat drastis di tahun 2016 .

Dalam  hitungan menit, lapangan pemuda Benteng berubah menjadi lautan manusia yang membanjiri lokasi pelaksanaan shalat id termasuk sejumlah bahu jalan dan trotoar di sekiat lapangan.

Kepadatan Jama’ah terlihat mulai dari ruas jalan KH. Haiyung,- Jl. Jend. Sudirman, Jl. Sultan Hasanuddin kota Benteng dan pekarangan depan Rutan Klas IIB Kepulauan Selayar. Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1437 H, dihadiri Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali bersama Wakil Bupati, Dr. H. Zainuddin yang berada di saf depan dengan didampingi oleh sejumlah kepala dinas/badan/kantor, diantaranya, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi & Informatika, Drs. Dahlul Malik, MH.

Selain Bupati bersama Wakil dan beberapa kepala SKPD, penyelenggaraan shalat Id juga tampak di hadiri oleh mantan Ketua DPRD Kep. Selayar, Dr. (HC). H. Ince Langke IA, Asisten Pemerintahan & Tata Praja, Ir. H. Arfan Arief, serta mantan Wakil Ketua DPRD Kep. Selayar, H. Patta Surung.

Disela-sela Jama’ah, tampak hadir pula sejumlah mantan anggota DPRD Kepulauan Selayar, periode 2005-2009, salah satunya, H. Syarifuddin Hasan, BA. Meski berlangsung dibawah selimut mendung. Akan tetapi, pelaksanaan shalat Id, tetap berjalan khidmat  dan khusyu. Hujan deras yang sempat mengguyur kota Benteng beberapa saat sebelum dilaksanakannya pawai takbir keliling, bahkan tidak sedikitpun mempengaruhi antusiasme warga untuk merayakan hari ‘kemenangan’.

Walau terbilang cukup aman dan kondusif, aparat pengamanan gabungan tetap siaga mengamankan pelaksanaan shalat Idul Fitri 1437 H yang dilaksanakan pada hari Rabu, (6/7) pagi. Puluhan personil pengamanan berpakaian dinas lengkap, diturunkan Polres Kepulauan Selayar untuk mengantisipasi akan kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Personil pengamanan bersenjata laras panjang dari unsur Kodim 1415 Kepulauan Selayar, bahkan sempat di stand bykan di sekitar Lapangan Pemuda Benteng.

Back up personil pengamanan dari unsur Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika turut diturunkan ke lapangan, terutama untuk mengurai potensi kemacetan arus lalu lintas selama berlangsungnya pelaksanaan shalat idul fitri.

Usai melaksanakan shalat Id berjama’ah, Bupati Kepulauan Selayar langsung menggelar open house di rumah jabatan bupati yang diikuti oleh sejumlah kepala SKPD, anggota DPRD aktif, dan beberapa mantan anggota DPRD (Purna Bhakti).

Sebelumnya, pada hari Selasa, (5/7) malam,  Bupati Kepulauan Selayar yang didampingi oleh anggota Muspida dan sejumlah kepala SKPD berkesempatan melepas peserta pawai takbir keliling bertempat di panggung depan rumah jabatan bupati.

Pawai takbir keliling kota Benteng diikuti oleh puluhan armada mobil pribadi dan mobil dinas lingkup Pemkab Kepulauan Selayar, serta ratusan unit kendaraan roda dua. (fadly syarif)

Biro Sulawesi