Jumbara 2016, Kontingen PMR Jateng Targetkan Juara 1

0
87

BERITA SEMARANG – Kontingen  PMR Jawa Tengah menargetkan bisa meraih juara pertama pada Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Nasional VIII 2016 yang akan berlangsung pada 25 hingga 31 Juli di Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan.

“Pada Jumbara terakhir di Gorontalo 2011 lalu, kami meraih peringkat I. Kami harus berupaya untuk mempertahankan peringkat I, mengulang kejayaan saat di Gorontalo,” ungkap Ketua PMI Provinsi Jawa Tengah, Imam Triyanto saat Pelepasan Kontingen Jumbara PMR VIII, di Ruang Rapat Lantai II Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jumat (22/7/2016).

Sementara itu kontingen asal Jawa Tengah yang diberangkatkan sebanyak 76 orang yang terdiri dari anggota PMR Mula (SD) 13 orang, PMR Madya (SMP) 14 orang, PMR Wira (SMA) 14 orang, dan sisanya pelatih, pendamping dan pembina, serta panitia lainnya.

Untuk kesiapan materi, kata Imam, pihaknya telah melakukan pemusatan pelatihan sebanyak dua kali. Pelatihan pertama dilakukan pada April lalu, dan kedua dilangsungkan sejak 19 Juli hingga keberangkatan ke Sulawesi Selatan.

Sementara Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta kontingen PMR yang mengikuti Jumbara agar menjaga nama baik Provinsi ini. Selain itu juga harus ikut berbagi pengalaman dan cerita mengenai Jawa Tengah. Apalagi event itu diikuti oleh 33 Provinsi dan 14 Negara tetangga.

“Kalau juara nggak usah banyak-banyak. Juara 10 kan nggak asyik. Kalau juara, ya juara satu saja,” ujarnya.

Terlepas dari event Jumbara, Gubernur meminta anggota PMR sejak dini diajarkan pentingnya nilai-nilai dan semangat kebaikan. Baik kejujuran, prinsip kesahehan, berani, dan memiliki harga diri.

“Jangan pernah memelihara rasa iri, benci, dan dengki. Sebab perasaan itu hanya melahirkan sikap jahat dan amarah yang pada akhirnya tidak akan merasa bahagia,” kata Ganjar.

Ganjar menghimbau agar anak-anak diajari kejujuran, prinsip kesahehan, berani, punya harga diri, tidak ndek-ndekan, dan tidak ecek-ecek. Karena menurutnya kejujuran itu sangatlah penting. (Nining)

Biro Semarang