Diduga Langgar Etika, DK KPI Putuskan Azimah Bersalah

0
70
Azimah Subagijo

BERITA JAKARTA – Dewan Kehormatan Komisi Penyiaran Indonesia (DK KPI) telah memutuskan anggotanya, Azimah Subagijo bersalah dalam kasus pelanggaran etika. Karena sudah disampaikan ke KPI, putusan KD mestinya diinformasikan oleh komisioner di lembaga tersebut ke masyarakat.

Berdasarkan rilis yang diterima Beritaekspres.com, Ketua DK KPI Supiadin mengungkapkan, institusi yang dipimpinnya sudah mengambil keputusan terkait laporan dugaan pelanggaran etika oleh salah seorang anggota KPI bernama Azimah Subagijo.

Kasus Azimah ini, menurut dia sudah diserahkan ke KPI. “KPI yang seharusnya menginformasikan kepada masyarakat perihal keputusan tersebut,” ujar Supiadi, Rabu (27/7/2016).

Anggota Komisi I DPR-RI ini menguraikan, DK sendiri memandang perlu diambilnya keputusan perihal pelanggaran yang dilakukan oleh Azimah, meski DK menyadari bahwa masa tugas anggota KPI lama telah berakhir.

 ”Kami tetap perlu mengambil keputusan sebagai pembelajaran bahwa apa yang telah dilakukan Azimah adalah salah dan tidak boleh lagi terulang dimasa datang,” ujar Supiadin.

Sehingga, sambung dia, para anggota KPI yang baru tidak melakukan pelanggaran yang sama. Kedepannya sebagai Ketua DK meski ad hoc dan sebagai anggota Komisi I, Supiadin mengharapkan anggota KPI dapat bekerja profesional, proporsional dan independen.

Sebelumnya, sejumlam media massa memberitakan, Azimah ditenggarai melakukan pelanggaran terhadap Undang-undang, dimana Azimah diketahui sebagai kader partai politik yaitu PKS dan juga tercatat sebagai pengurus MKGR yang tidak lain adalah underbow Partai Golkar. Sebagai anggota KPI seharusnya independen. Terkait hal ini, Azimah kemudian dilaporkan oleh LSM. (OSS)