Tingkatkan Kompetensi, Ali Fauzie: Disdik Akan Rotasi Guru

0
71
Sekretaris Disdik Ali Fauzie

BERITA BEKASI – Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Ali Fauzie mengatakan bahwa dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan redistribusi guru atau rotasi. Kegiatan ini dalam rangka penyegaran serta untuk meningkatkan kemampun kompetensi guru.

“Rotasi ini merupakan salah satu program dinas pendidikan untuk memberikan penyegaran dan wawasan kepada para guru. Karena, terkadang guru mengalami kejenuhan mengajar disekolahnya yang lama, sehingga butuh wawasan lebih luas lagi ketika nanti ditempatkan disekolah yang baru,” kata Ali Fauzie kepada Beritaekspres.com, Jumat (29/7/2016).

Menurutnya, program rotasi guru ini, merupakan kali pertama dilaksanakan di Kota Bekasi. Oleh karena itu, guru dijenjang pendidikan tingkat Sekolah Dasar Negeri (SDN) lingkup satu kecamatan akan menjadi prioritas dalam mengimplementasikan perputaran guru tersebut.

“Langkah awal kita akan putar guru-guru didalam satu gugus dulu. Kalau, di SD itu kan ada namanya guru kelas, nantiya kita akan lakukan silang guru kelas itu, misalnya dari gugus satu ke gugus dua,” papar Ali.

Dia menambahkan, pihaknya juga akan melakukan rotasi guru untuk tingkat SMP, SMA dan SMK. Metode dalam perputaran guru tersebut diakui Ali, tak jauh beda dengan guru SD.

“Setelah itu kita lakukan perputaran guru SD, kemudian kita akan melakukan rotasi untuk guru tingkat SMP, SMA dan SMK Negeri. Perputaran guru ini kita lakukan karena, kepala sekolah dan pengawas juga sudah dilakukan rotasi,” ujarnya.

Dijelaskan Ali, bahwa rotasi guru SD tersebut berdasarkan hasil penilaian kinerja guru dan kepala sekolah yang dilakuan oleh pengawas dimasing-masing tingkat UPTD secara berkala. Kemudian, lanjut dia, penilaian tersebut dilaporkan kepada Dinas Pendidikan melalui Kepala Bidang dimasing jenjang pendidikan.

“Selama ini kita ada program penilaian kinerja guru dan kepala sekolah yang dilakukan secara berkala oleh para pengawas masing-masing UPTD SD tingkat kecamatan. Hasilnya, kemudian dilaporkan kepada kita (Disdik) untuk kita lakukan evaluasi,” ungkapnya.

Lebih jauh dikatakan Ali, bahwa dirinya menampik apabila proses implementasi perputaran guru SD tersebut didasari faktor kedekatan atau kepentingan lain. Sebab, kata Ali, seorang guru mempunyai tanggung jawab untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

“Tidak ada karena faktor kedekatan atau kepentingan lain dalam melaksanakn rotasi guru, semuanya sama dan punya tanggung jawab yang sama yaitu meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Bekasi,” tegas Ali.

Sementara itu, Wakil Ketua PGRI Kota Bekasi, Dudung Abdul Qadir mengatakan bahwa pihaknya tengah terus melakukan program kerja dalam meningkatkan kompetensi masing-masing guru, melalui berbagai kegiatan pembinaan.

Kendati begitu Dudung berharap, pemerintah daerah dalam hal ini dinas pendidikan Kota Bekasi, melalui tim penilaian yang dibentuk tersebut, nantinya bisa lebih objektif memberikan penilaian khususnya terhadap guru.

“Alhamdulillah, kami kini terus melakukan peningkatan kemamuan guru lewat berbagai program kegiatan yang dibuat oleh PGRI. Kami, berharap pemerintah dalam hal ini dinas pendidikan untuk bisa menilai secara objektif khususnya dalam menempatkan guru harus sesuai dengan kompetensinya,” tandas Dudung. (Bray)