Blangko KTP Habis, Disdukcapil Indramayu Tutup Sebulan

0
14
Ilustrasi

BERITA INDRAMAYU – Sudah hampir satu bulan Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Indramayu distop sementara. Kondisi ini membuat pelayanan terhadap masyarakat jadi terganggu akibat blangko KTP Elektronik habis.

Kepada Beritaekspres.com, Kepala Bidang Kependudukan Disdukcapil, Bambang Riswanto mengatakan, pelayanan untuk pembuatan KTP Elektronik untuk sementara kami tutup selama satu bulan kedepan. “Masalahnya, blangko dari Mendagri akan diberikan sampai September 2016,” terangnya.

Kita lanjutnya, dari Disdukcapil Kabupaten Indramayu sudah mengajukan kepada Mendagri agar sementara dapat meminjamkan blangko KTP tersebut kepada Disdukcapil lain. Namun, setelah dicek ke beberapa Dinas Kependudukan lain, ternyata sama merekapun habis. “Disdukcapil lain pun ternyata blangko habis juga,” tandasnya.

Dengan ditutupnya pelayanan pembuatan e-KTP berdampak sangat merugikan masyarakat. Terlebih lagi, e-KTP merupakan salah satu persyaratan yang paling utama untuk mencari pekerjaan di dalam Negeri maupun diluar Negeri juga dalam urusan lainnya.

Kepada Beritaekspres.com, salah satu warga Sumber Jaya, Kuwu Mamat (50) mengungkapkan, dengan ditutupnya sementara kami merasa terganggu, karena warga kami sudah bolak balik mengurus KTP, ternyata distop sementara selama satu bulan oleh pihak Disdukcapil Indramayu. “Ditutupnya selama satu bulan lagi,” keluhnya.

Pantauan Beritaekspres.com dilapangan, tak hanya satu Kecamatan masyarakat yang mengeluh, tapi hampir semua warga dan masyarakat di Indramayu mengeluhkan ditutupnya pelayanan KTP oleh Disdukcapil dikarenakan kehabisan blangko KTP.

Atas persoalan ini, sebagian warga dan masyarakat di Indramayu menyesalkan sikap Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indramayu yang tidak melakukan pengkajian tentang minimnya pelayanan terhadap masyarakat terutama pada Disdukcapil Indramayu. (Nanang Asmari)

Biro Indramayu